Dampak Merokok Dan Bahayanya Bagi Kesehatan

  • Script Iklan di sini

    Sudah sering kita dengar slogan slogan disekitar kita yang mengatakan jika merokok itu berbahaya bagi kesehatan. Bahkan sampai iklan layanan masyarakat berbunyi " merokok membunuhmu" sudah sampai di seluruh masyarakat. Namun apakah para perokok akan merasa jera dan berhenti merokok.

    Faktanya masih banyak disekitar kita para perokok yang masih aktif merokok, bahkan ditempat umum sekalipun. Padahal banyak larangan atau kawasan yang bebas dari asap rokok. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat akan perlunya menghargai serta hak untuk mendapatkan ruang publik tanpa rokok.

    Beberapa alasan yang membuat kita ingin merokok

    Bahkan untuk mengurangi penggunaan rokok di tempat umum, pemerintah kita juga sudah menerapkan beberapa aturan, seperti:

    1. Harga rokok yang tinggi

    Jika dulu rokok mudah sekali dibeli oleh kalangan anak dibawah umur. Lain hal nya dengan saat ini. Penetapan harga rokok yang tinggi serta larangan untuk mengecer diharapkan akan berdampak terhadap penurunan daya beli rokok dikalangan anak remaja. Cara ini dianggap sebagai langkah untuk memutus perokok aktif dikalangan anak muda.

    2. Adanya peringatan bahaya rokok di bungkus rokok

    Jika kita cermati pada bungkus rokok, jika dulu bungkus rokok dikemas dalam kemasan yang bagus serta larangan merokok hanya berupa tulisan dan itupun sangat kecil. Maka lain halnya dengan saat ini. Bungkus rokok dikemas dalam kemasan yang terdapat foto dari para penderita penyakit akibat rokok, dimana dalam foto tersebut nampak menakutkan. Hal ini diharapkan masyarakat akan merasa takut akan bahaya merokok dan akan berusaha berhenti merokok.

    Benarkah VAPE lebih berbahaya dari rokok tembakau

    3. Iklan rokok yang dibatasi

    Langkah selanjutnya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi para perokok adalah dengan melakukan beberapa aturan terhadap iklan rokok, seperti iklan rokok tidak boleh menampilkan rokok itu sendiri. Serta pembatasan jam iklan rokok di televisi yang hanya dilakukan pada malam hari.

    4. Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok ( KTR)

    Saat ini banyak daerah daerah yang menerapkan PERDA tentang Kawasan Tanpa Rokok ( KTR) ditempat umum seperti di halte, taman kota serta kantor kantor. Langkag ini dilakukan untuk mengurangi ruang bagi para perokok aktif. Serta memberikan hak kepada masyarakat untuk mendapatkan lingkungan tanpa asap rokok.

    Bahaya merokok setelah makan dan dampaknya bagi kesehatan tubuh kita

    5. memberikan ruangan khusus perokok ditempat umum

    Selain KTR, pemerintah juga menghimbau agar ada tempat khusus bagi para perokok di ruang publik. Hal ini dilakukan sebagai kebijakan agar kawasan tanpa rokok bisa berjalan.

    Merokok merupakan kebiasaan buruk yang bisa merugukan diri sendiri serta orang lain disekitarnya. Asak rokok bisa mengakibatkan pencemaran udara yang pastinya akan menggangu orang lain disekitarnya.

    Selain itu merokok dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit, bukan hanya bagi si perokok tersebut namun juga bisa berdampak pada orang disekitar yang juga ikut menghirup asap rokok tersebut.

    Dampak dari merokok bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti impotensi, serangan jantung, kemandulan serta gangguan kesehatan lainnya. Banyak perokok yang memang menyadari akan hal tersebut, namun tidak bisa berhenti dari merokok itu sendiri.

    Beberapa faktor yang menyebabkan penampilan kita nampak lebih tua

    Merokok sudah jelas merupakan kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan beragam penyakit seperti:

    1. Merokok bisa menyebabkan gangguan pada paru paru

    Sudah jelas jika merokok akan membuat paru paru menjadi sakit akibat asap rokok yang terus menerus masuk kedalam paru paru. Hal ini akan mengakibatkan endapan zat kimia pada asap rokok akan menempel pada paru paru dan beresiko mengakibatkan penyakit paru paru serta kangker pasa area saluran pernafasan.

    2. Merokok dapat meningkatkan asam lambung

    Beberapa kasus ditemukan jika gangguan asam lambung bisa disebabkan karena merokok. Hal ini dikarenakan pada orang yang suka merokok akan mengakibatkan katup disaluran pencernaan akan melemah serta memicu peningkatan asam lambung. Hal ini akan mengakibatkan orang tersebut mengalami kondisi Gastroesophageal reflux disease atau GERD yang biasa diartikan sebagai asam lambung yang parah.

    Jangan salah begini pertolongan pertama pada penderita angin duduk

    3. Merokok dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler

    Merokok bisa berdampak pada gangguan pada pembuluh darah serta jantung. Zat kimia dalam asap rokok akan masuk dalam pembuluh darah yang akan mengakibatkan banyaknya flek flek di dinding pembuluh darah yang akan berdampak pada peningkatan tekanan darah, resiko penyakit stroke serta gangguan jantung.

    4. Merokok dapat menyebabkan kangker

    Zat adiktif dalam asap rokok yang masuk kedalam tubuh akan memicu munculnya sel sel kangker. Baik itu bagi si perokok aktif maupun mereka yang cuma perokok pasif.

    5. Merokok dapat menyebabkan kemandulan

    Bukan hanya menyebabkan penyakit jantung atau gangguan kesehatan lainnya, merokok juga bisa menyebabkan kemandulan.

    Mengenal definisi rokok dan macam macam jenis rokok

    6. Merokok dapat menimbulkan penyakit saraf

    Salah satu yang sering dijumpai adalah kebanyakan mereka yang merokok, di usia senjanya sering mengalami gangguan pada saraf. Entah itu mati rasa atau gangguan lainnya. Hal ini diakibatkan dari pengaruh zat adiktif pada rokok yang menyerang pada saraf.

    7. Merokok dapat menyebabkan keguguran

    Bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk menghindari asap rokok. Baik itu dari suaminya yang perokok dan asapnya ada disekitar ibu, maupun dari perokok diluar rumahnya. Hal ini snagat penting karena asap rokok bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil. Bahkan beberapa kasus yang terjadi kematian bayi akibat asap rokok bukan hanya mengancam saat ia dalam kandungan saja. Namun ada beberapa kasus kematian bayi secara tiba tiba yang ternyata diakibatkan oleh ayah yang seorang perokok dan bayi tersebut meninggal akibat terlalu banyak zat adiktif dalam tubuhnya.

    8. Bahaya perokok dengan diabetes

    Merokok dengan kondisi fisik memiliki riwayat diabetes akan sangat berbahaya dan dapat meningkatkan resiko kekambuhan penyakitnya. Hal ini dikarenakan penderita diabetes yang merokok akan cenderung memiliki tekanan darah tinggi serta resiko komplikasi penyakit yang juga tinggi.

    Mengenal kandungan zat berbahaya dari sebatang rokok

    Banyak perokok aktif diluar sana yang ingin sekali berhenti merokok namun sangat sulit untuk memulainya. Berikut bebarapa tips agar keinginan berhenti merokok dapat terwujud:

    1. Motivasi dan tekad yang kuat untuk berhenti merokok

    Motivasi diri anda dengan kuat untuk berhenti merokok seperti dengan tidak merokok tubuh akan sehat serta akan menghemat pengeluaran.

    2. Berhenti merokok seketika atau mengurangi jumlah

    Secara bertahap lakukan pengurangan jumlah rokok yang dihisap setiap hari atau kalau mampu berhentilah merokok seketika itu.

    3. Kenali waktu dan situasi

    Kenali jam jam ketika anda ingin merokok atau dimana anda paling sering merokok dan hindari hal tersebut.

    Bahaya kesehatan dibalik nikmatnya kopi sachet

    4. Tahan keinginan dengan menunda

    Penting bagi kita jika ada hasrat ingin merokok maka mulailah dengan cara menunda nunda agar hasrat merokok tersebut hilang.

    5. Berolahraga dengan teratur

    Dengan berolahraga secara teratur maka anda akan mendapatkan mood serta kondisi tubuh yang baik sehingga hasrat ingin merokok hilang.

    6. Minta dukungan keluarga dan lingkungan

    Minta dukungan keluarga untuk mengingatkan jika anda sedang merokok.

    7. Konsultasi dengan dokter

    Jika diperlukan anda bisa berkonsultasi dengan paramedis terkait keinginan untuk berhenti merokok.

    Demikian informasi dari klinik keperawatan, semoga bermanfaat.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

    2 komentar

    Serem banget ya. Kalau terpaksa kerja di lingkungan yang banyak perokoknya, gimana? Harus cari tempat kerja lain dong ya.

     
    Copyright © 2016