Penyakit Yang Sering Muncul Di Musim Penghujan

  • Script Iklan di sini

    Dimusim penghujan seperti saat ini kita harus menjaga kondisi tubuh kita agar tetap bugar. Karena dimusim penghujan biasanya kondisi tubuh akan sedikit terganggu, baik itu  terkena flu atau penyakit lainnya.

    Hal ini dikarenakan pada musim penghujan, terjadi perubahan kondisi lingkungan dimana suhu udara akan sedikit rendah dari biasanya  serta banyak genangan air disekitar rumah yang biasanya mengundang banyak penyakit.

    Ada beberapa penyakit yang sering menggangu kesehatan tubuh kita dimusim penghujan, antara lain:

    1. Flu dan batuk

    Yang sering kita jumpai ketika musim penghujan tiba adalah banyaknya orang yang mengalami flu dan batuk. Baik itu disebabkan karena kondisi tubuh yang menurun atau memang karena virus yang berkembang pesat dimusim penghujan. Biasanya banyak orang yang mengalami flu setelah kehujanan. Hal ini dikarenakan pada musim penghujan kondisi tubuh akan sedikit menurun dan virus mudah sekali menyerang.

    Dampak merokok dan bahayanya bagi kesehatan tubuh kita

    2. Radang tenggorokan

    Radang tenggoorokan juga serinh diderita banyak orang ketika musim penghujan. Tanda dari penyakit ini adalah nyeri telan pada tenggorokan, dan biasanya akan disertai peningkatan suhu tubuh karena infeksi virus. Minum air hangat adalah cara alami untuk mencegah radang tenggorokan yang sering terjadi di musim kemarau.

    3. Diare

    Banyaknya air kotor akibat hujan menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus diare dimusim penghujan. Hal ini dikarenakan banyaknya sumber air bersih yang tercemar oleh air hujan yang kotor dan mengandung bakteri e coli yang dapat menyebabkan penyakit diare dan gangguan pencernaan. Terlebih pada daerah yang terjadi banjir, sarana air bersih akan susah didapatkan dan banyak sumber air yang tercemar bakteri e coli.

    Ciri ciri penyakit diare serta penanganannya

    4. Tipes

    Siklus dari salmonella yang akan mudah masuk kedalam tubuh manusia dimusim penghujan akan menjadi penyebab meningkatnya kasus tipes ketika musim penghujan.

    5. Demam berdarah

    Virus demam berdarah yang disebarkan oleh gigitan nyamuk aides aigepty akan meningkat di musim penghujan. Bahkan kasus demam berdarah akan menjadi KLB dimusim penghujan. Hal ini dikarenakan pada musim penghujan banyak sekali genangan air yang akan menjadi sarana untuk nyamuk berkembang biak.

    Itulah 5 penyakit yang sering meningkat dimusim penghujan. Untuk mencegah hal tersebut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain:

    Waspada demam berdarah kenali gejala serta penanganannya

    1. 3M plus

    Salah satu cara pencegahan penyakit demam berdarah adalah dengan melakukan program 3M plus yang bertujuan untuk memutus mata rantai dari nyamuk aides aidepty yang menularkan penyakit demam berdarah. Selain itu menjaga lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk juga penting seperti tidak menggantung pakaian bekas, menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk seperti serai dilingkungan rumah. Hal ini sebagai upaya agar tidak terserang penyakit demam berdarah yang biasanya akan menjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) ketika memasuki musim penghujan.

    2. Menjaga kebersihan

    Menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting agar penularan penyakit bisa diminimalisir. Terlebih penyakit yang biasa ditularkan karena kurangnya kebersihan air yaitu diare.

    Bahaya LGBT dari segi kesehatan maupun psikologi

    3. Memiliki sumber air bersih yang tidak tercemar

    Yang terpenting ketika memasuki musim penghujan adalah memiliki cadangan sumber air yang tidak tercemar oleh air kotor. Hal ini sangat penting mengingat ketika musim penghujan terlebih daerah yang rawan banjir akan kesulitan mencari cadangan air bersih.

    4. Mengkonsumsi makanan bergizi

    Mengkonsumsi makanan yang bergizi juga sangat diperlukan oleh tubuh kita agar kita tidak mudah terserang penyakit.

    5. Olahraga rutin

    Olahraga rutin bisa dilakukan agar tubuh kita tetap bugar dan terhindar dari penyakit tidak menular seperti diabetes.

    Penyebab, gejala serta pengobatan penyakit asma

    6. Sering minum hangat

    Kelihatannya sangat sepele, minum air hangat setiap hari ternyata mampu menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat.

    Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tidak mudah terserang penyakit ketika musim hujan.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

    1 komentar:

    ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

     
    Copyright © 2016