Mengenal Tingkatan Kantin Dilingkungan Sekolah UKS

  • Script Iklan di sini

    Mengenal Tingkatan Kantin Dilingkungan Sekolah UKS - Penjual jajanan dilingkungan sekolah memang sangat beragam. mulai dari penjual makanan keliling dengan gerobak hingga penjual jajanan di kantin sekolah yang sudah memiliki tempat tersendiri.
    salah satu indikator yang terpenting dalam sekolah UKS adalah jajanan yang dijual dikantin sekolah. jajanan kantin sekolah sangatlah penting dan berpengaruh besar pada tingkat kesehatan siswa sekolah. hal tersebut dikarenakan nutrisi siswa selain di rumah ternyata kebanyakan didapat dari lingkungan kantin sekolah. jajanan yang sehat dan bergizi mampu meningkatkan derajat kesehatan siswa, namun sebaliknya jajanan kantin sekolah yang kurang sehat dan mengandung bahan bahan makanan berbahaya akan berpengaruh terhadap derajat kesehatan siswa itu sendiri.
    untuk itu kantin sekolah di bagi menjadi 3 tingkatan menurut sekolah UKS:

    1. warung sekolah


    yang dimaksud dengan warung sekolah adalah dimana penjual yang berjualan di lingkungan sekolah berasal dari luar lingkungan sekolah dan sekolah tidak dapat mengontrol penjual dan apa yang mereka jual di sekolahan. jadi sekolah tidak dapat mengetahui kandungan bahan tambahan apa saja yang dijual oleh penjual tersebut. hal ini biasanya masih banyak kita jumpai pada sekolah SD yang berada di daerah terpencil dimana si penjual bebas keluar masuk sekolah menjajakan dagangannya.

    2. kantin sekolah


    kantin sekolah sendiri merupakan kantin yang berada dilingkungan sekolahan dan memiliki bangunan sendiri dan penjual dikontrol langsung oleh pihak sekolahan. dari sini sekolah bisa mengetahui apa saja yang dijual dikantin sekolah tersebut. sehingga dengan mudah sekolah mengontrol bahan tambahan pangan yang ada disekolahan tersebut.

    3. kantin UKS


    kantin UKS sendiri sama seperti kantin sekolah dimana penjual dan dagangannya bisa dikontrol oleh pihak sekolah. yang membedakannya dimana kantin UKS selain sebagai tempat pemenuhan gizi siswa, kantin UKS berperan aktif sebagai sarana informasi dan pembelajaran tentang asupan nutrisi dan bahan tambahan pangan kepada siswa. jadi kantin UKS selain untuk pemenuhan nutrisi juga berperan aktif sebagai media belajar siswa tentang kesehatan makanan.

    itulah beberapa tingkatan kantin yang ada dilingkungan sekolah, semoga menjadi motifasi bagi sekolah sekolah untuk meningkatkan kualitas kantin sekolah menuju kantin UKS yang lebih baik lagi.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016