Tips Untuk Ibu Hamil Agar Tidur Bisa Nyenyak

  • Script Iklan di sini

    Bagi ibu hamil, mencari posisi tidut yang nyaman agar saat tidur bisa nyenyak mungkin akan sedikit kesulitan. Hal ini dikarenakan pengaruh kondisi kandungan yang semakin besar. Jika selama ini posisi tidur terlentang masih nyaman, lain hal nya dengan saat hamil. Posisi tidur terlentang saat himil mungkin akan sedikit sulit dan kurang bagus bagi kesehatan kandungan bumil.

    Pekerjaan rumah tangga yang berbahaya dilakukan oleh ibu hamil

    Jika posisi tidur terlentang tidak diperbolehkan bagi ibu hamil, setidaknya ada beberapa posisi tidur yang memang disarankan untuk ibu hamil. Posisi tidur yang nyaman bagi ibu hamil diharapkan bisa membuat bumil bisa tidur nyenyak.

    Alasan kenapa ibu hamil susah tidur nyenyak..???

    Jika sebelum hamil, bumil masih bebas memilih posisi tidur yang nyaman. Lain halnya ketika hamil, posisi tidur bumil dibatasi oleh perkembangan kandungan yang semakin hari semakin membesar.

    Selain itu ada beberapa gangguan kesehatan yang juga mempengaruhi tidur bumil. Seperti sakit punggung, nyeri asam lambung, nafas pendek, insomnia. Beberapa gangguan kesehatan tersebut sedikit banyak akan memiliki dampak pada intensitas tidur bumil.

    Benarkah mendengarkan musik saat hamil bisa bikin bayi cerdas..???

    Ketika kehamilan masih memasuki trimester pertama, bumil masih bisa melakukan tidur terlentang atau tengkurap karena kondisi perut bumil masih belum membesar. Namun yang perlu diketahui walaupun perut belum membesar, tidur terlenyang masih memiliki resiko bagi kesehatan bumil.

    Gangguan kesehatan yang bisa muncul ketika bumil tidur terlentang adalah adanya tekanan ekstra pada aorta dan vena cava inferior, yaitu pembuluh darah yang ada pada punggung yang berfungsi membawa darah dari jantung sampai sekujur kaki. Posisi tidur terlentang akan memperlambat aliran darah tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Seperti sakit punggung,wasir, hipotensi. Dan posisi tidur terlentang juga bisa memotong suplai darah ke janin.

    Selain gangguan pembuluh darah, posisi tidur terlentang juga akan membuat posisi perut semakin membesar dan dapat menyebabkan rasa mual dan pusing.

    Makanan dan minuman yang berbahaya bagi ibu hamil

    Sedangkan pada posisi tidur tengkurap saat hamil muda akan membuat penekanan pada rahim. Terlebih posisi rahim dan payudara yang membesar akan membuat bumil merasa tidak nyaman jika tidur tengkurap.

    Lantas posisi tidur yang baik untuk ibu hamil seperti apa ...??

    Jika sebelumnya posisi tidur terlentang maupun tengkurap sangat tidak baik untuk ibu hamil. Maka posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah posisi menyamping. Baik itu menyamping kekiri atau ke kanan. Namun para dokter lebih sepakat posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah posisi tidur menyamping ke kiri.

    Jika posisi tidur menyamping kekanan lebih baik dari posisi tidur terlentang atau tengkurap. Namun akan ada banyak manfaat jika posisi tidur saat hamil menyamping kekiri.

    Bolehkah ibu hamil minum es..??

    Pada saat tidur menyamping ke kiri akan mencegah rahim menekan pada organ hati dan terus memungkinkan janin menerima nutrisi serta oksigen melalui plasenta tanpa hambatan.

    Selain itu posisi tidur menyamping kekiri juga memungkinkan bumil menerima suplai darah secara maksimal. Artinya aliran darah ke bayi melalui plasenta bisa lancar tanpa kendala.

    Tips agar tidur bisa nyenyak saat hamil

    1. Tidur dengan posisi menyamping ke kiri

    Posisi tidur miring ke kiri sangat baik karena mempermudah sirkulasi darah ke jantung, rahim hingga ginjal. Tidur miring kekiri juga bisa membuat perut bumil nyaman. Kaki dan tangan yang bengkak juga bisa berkurang dengan posisi tidur miring kekiri karena ginjal akan bekerja maksimal dalam mengeluarkan zat sisa dan cairan dari tubuh.

    5 hal yang aman dilakukan oleh ibu hamil

    2. Hindari tidur terlentang

    Bunda hindari tidur terlentang, terlebih jika kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Tidur terlentang juga bisa mengurangi peredaran darah ke bumil maupun ke janin. Selain itu tidur terlentang akan membuat bumil tidak nyaman dan terasa sesak.

    3. Gunakan bantal

    Biar tidur bumil nyaman bisa dibantu dengan menaruh bantal disisi dan bawah untuk menaikkan dada. Tidak perlu tinggi yang penting bumil terasa nyaman.

    4. Ke kamar mandi sebelum tidur

    Sebelum tidur pastikan bumil menyelesaikan urusan buang air besar maupun kecil terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah bumil terbangun dimalam hari karena ingin ke kamar mandi.

    Bolehkah ibu hamil makan jengkol..???

    Demikian sedikit informasi dari klinik keperawatan tentang bagaimana cara tidur yang benar bagi ibu hamil agar tidur bisa nyenyak dan semoga bermanfaat.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016