Bahaya Mukbang Tren Makan Porsi Besar Dari Korea Selatan Bisa Berakibat Obesitas

  • Script Iklan di sini

    Bila kita melihat youtube, banyak sekali chanel youtube yang berisi tentang vidio mukbang, atau dalam artian makan dalam jumlah dan porsi yang besar. Tren yang berasal dari korea selatan ini sudah banyak tersebar dan menjadi viral di dunia maya. Bukan hanya di korea selatan, mukbang ternyata sudah menyebar dipenjuru dunia termasuk juga indonesia.

    Namun ternyata mukbang yang lagi tren ini memiliki resiko buruk bagi kesehatan kita. Katakan saja, saat ini tren mukbang mulai jadi perhatian serius pemerintah korea selatan. Bahkan pemerintah korea selatan mulai melarang mukbang ini. Hal ini dikarenakan kasus obesitas dikorea selatan semakin meningkat semenjak tren mukbang itu viral.

    Terlebih lagi saat ini masalah kesehatan dunia banyak disebabkan oleh penyakit yang tidak menular, termasuk juga obesitas.

    Awas gaya hidup seperti ini bisa picu kolesterol tinggi dan serangan jantung

    Kebiasaan hidup penduduk dunia saat inilah yang menjadi penyebab kasus obesitas meningkat. Mulai dari kebiasaan kurang gerak hingga makan dalam porsi yang besar disinyalir menjadi penyebab obesitas meningkat.

    Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang mengalami obesitas:

    1. Makan dalam porsi besar

    Salah satu yang menyebabkan seseorang mengalami obesitas adalah kebiasaan makan dalam porsi besar atau juga makan beberapa kali dalam sehari. Seperti tren mukbang yang memakan makanan tertentu sekali waktu dalam porsi yang sangat banyak bisa berdampak pada penumpukan kalori dalam tubuh yang pada akhirnya menjadikan seseorang mengalami obesitas.

    2. Kurang aktifitas

    Bagi anda yang berprofesi sebagai pekerja kantor akan sangat merasakan dampak pada tubuh kita karena akibat dari kurangnya aktifitas. Hal yang mudah dirasakan ketika kita duduk didepan komputer dalam waktu berjam jam adalah rasa lelah atau capek pada tubuh kita. Namun jika cermati jika aktifitas tersebut dilakukan dalam waktu yang lama akan berdampak pada penumpukan lemak tubuh dan menjadikan kita obesitas.

    Apakah berkeringat berarti kehilangan lemak..??

    3. Jarang olahraga

    Sebaiknya dalam satu minggu minimal kita melakukan olahraga sekali seminggu. Hal ini untuk meregangkan otot otot tubuh yang kaku. Melakukan olahraga juga bertujuan untuk membakar lemak dan kalori tubuh. Jarang berolahraga justru akan membuat penumpukan lemak tubuh kita dan berakibat pada obesitas dan resiko penyakit lain akibat penumpukan lemak tubuh.

    4. Banyaknya makanan yang kurang sehat

    Berikutnya yang membuat seseorang mengalami obesitas adalah dikarenakan banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang kurang baik untuk tubuh. Makanan cepat saji biasanya mengandung bahan makanan yang kurang sehat seperti gula industri, lemak, karbohidrat tinggi yang jika kita konsumsi setiap hari tanpa pengontrolan akan beresiko mengakibatkan obesitas.

    Setelah mengetahui penyebab obesitas di atas maka sebaiknya kita mulai mengurangi kegiatan yang bisa memicu obesitas, termasuk mukbang challence.


    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016