Script Iklan di sini
Aspek Aspek Dalam Penilaian Lomba Sekolah Sehat - sekolah sehat saat ini sudaak menjadi program wajib yang harus dilaksanakan oleh sekolahan. kesadaran atas kesehatan yang dimiliki seluruh warga sekolah menjadi hal penting dalam tujuan adanya kegiatan lomba sekolah sehat. bukan hanya sekedar lomba, namun sekolah sehat lebih mementingkan peningkatan derajat kesehatan seluruh warga sekolah dan imbasnya terhadap lingkungan disekitar sekolahan. dalam pelaksanaan lomba sekolah sehat dikenal beberapa asspek penilaian. berikut aspek penilaian dari lomba sekolah sehat:
1. Kebersihan dan ventilasi ruangan
hal pertama yang dinilai dari lomba sekolah sehat adalah kebersihan di area sekitar sekolahan serta ventilasi ruangan yang sesuai dengan standar ruangan. berikut ini penilaian yang berhubungan dengan ruangan sekolah:
- ruangan kelas tidak ada coretan serta tidak kotor/ ruangan tertata rapi dan bersih.
- terdapat ventilasi yang mencukupi disetiap ruangan, serta pencahayaan yang baik dalam artian ini ruaangan tidak pengap dan sinar matahari bisa masuk langsung ke ruangan.
- kepadatan ruangan yang sesuai standar. ideal standar ruangan adalah (>1,5-1,75 m2/ murid)
2. perlengkapan yang harus ada di UKS
sebagai tempat untuk pelayanan kesehatan di sekolah, UKS harus memiliki standar alat yang harus ada di UKS untuk menunjang pelayanan kesehatan. berikut beberapa perlengkapan yang harus ada diruang UKS:
- tempat tidur untuk periksa
- lemari file dan dokumen
- kotak P3K
- snellen chart
- wastafel dan kamar mandi
- timbangan badan dan pengukur tinggi badan
dalam pelayanan kesehatan UKS memiliki standar obat yang harus ada diruangan antara lain obat untuk perawatan luka, obat gosok atau oles, serta obat oral. obat oral sendiri yang boleh ada di UKS adalah paracetamol untuk antinyeri dan antipiretik, antasida untuk sakit perut serta oralit.
3. lingkup kantin sekolah
faktor penilaian lomba sekolah sehat yang biasanya paling dilihat adalah kantin sekolah. aspek penilaian kantin sekolah antara lain:
- makanan atau jajanan yang ada di UKS harus bebas dari bahan pengawet, pewarna,pengenyal berbahaya.
- selain itu kantin juga harus bebas dari pembungkus berbahaya seperti plastik, stereofom dan yang lainnya.
- penyajian jajanan makanan kantin harus tertutup dan bebas dari kontaminasi.
selain jajanan yang dinilai, penjual makanan juga masuk dalam kriteria penilaian:
- penjual memakai pakaian rapi dan bersih
- penjual memahami dan mengerti tentang syarat kantin sehat
- penjual mencuci alat makan dengan air bersih yang mengalir
- penjual mencuci alat makan dengan air yang mengalir
- pembuangan sisa makanan serta kotoran dibuang pada tempat pembuangan yang tepat.
4. area kamar mandi
area yang dinilai dari kamar mandi antara lain:
- ratio kamar mandi untuk putri: 1:25 dan putra 1:30
- dinding kamar mandi bersih dan tidak berlumut
- lantai bersih dan tidak licin
- bak mandi bersih dan tidak ada jentik
- kamar mandi tidak berbau
- closet bersih dan tidak mampet
- ventilasi cukup ada udara dan sinar matahari yang bisa masuk kedalam kamar mandi
5. pendidikan kesehatan
pendidikan kesehatan diberikan melalui pembelajaran kelas dan penyuluhan. materi kesehatan mencakup masalah yang ada dilingkungan sekitar sekolah serta 8 gol UKS.
6. Taman dan toga
aspek yang dinilai adalah keaktifan seluruh warga sekolah dalam merawat kebun sekolah serta menjaga tanaman toga dan mengerti dan memahami tentang penggunaan dan manfaat dari tanaman toga itu sendiri.
7. kegiatan pelayanan kesehatan
pelayanan kesehatan dilingkungan UKS yang harus ada antara lain:
- ada program dan laporan tahunan
- penyuluhan kesehatan minimal 2 kali dalam setahun
- ada pelayanan siswa sakit
- ada skrening kesehatan rutin oleh puskesmas minimal setahun sekali.
- ada pelatihan kader rutin setiap minggunya
- ada pendataan kesehatan siswa yang rutin minimal 2 kali dalam setahun
- ada pemeriksaan kebersihan lingkungan rutin
selain program UKS diatas, syarat yang harus ada dalam penilaian lomba lingkungan sehat adalah:
1. ada SK tim pelaksana UKS yang rutin diperbaharui
2. ada MOU sekolah dengan PUSKESMAS dalam pelaksanaan kesehatan sekolah
3. ada struktur organisasi UKS
4. ada program kerja UKS
5. ada laporan tahunan UKS