Disangka Berbahaya, Ini Manfaat Micin Bagi Kesehatan Tubuh Kita

  • Script Iklan di sini


    Disangka Berbahaya, Ini Manfaat Micin Bagi Kesehatan Tubuh Kita - Monosodium Glutamat (MSG) atau biasa disebut micin, akhir ini sedang rame ramenya. Bahan tambahan masakan yang satu ini mendadak menjadi viral bukan karena keunggulannya. Namun micin menjadi viral lantaran micin dianggap menjadi penyebab menurunnya moral generasi penerus bangsa. Banyak anak muda yang moralnya kurang, tidak bisa sopan santun dianggap karena terlalu banyak micin. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

    Micin juga dianggap sebagai penyebab meningkatnya kasus kangker yang beberapa tahun ini naik. Bahkan dampak dari isu tersebut banyak sekali ibu rumah tangga yang sangat menghindari micin dalam setiap masakannya. Penggunaan micin masih dianggap aman jika tidak berlebihan. Ada pendapat yang mengatakan maksimal mengkonsumsi micin adalah 5 gram perhari, namun ada juga yang berpendapat bahwa micin boleh dikonsumsi dalam tahap secukupnya tanda ada batasan berapa batasan maksimalnya.

    Namun dari isu semua ternyata ada beberapa manfaat lain dari micin yang tidak banyak orang tahu.

    Berikut manfaat micin sebagai penyedap masakan:

    1. Mengurangi konsumsi garam

    Dalam rumah tangga yang menghindari konsumsi micin, para ibu akan menggunakan perpaduan gula dan garam untuk mendapaykan cita rasa gurih dalam masakannya sebagai pengganti dari micin. Namun faktanya micin terdiri dari natrium (12 persen), glutamat (78 persen) dan Air (10 persen). Jumlah natrium atau garam dalam micin tak seberapa dibanding garam dapur yakni sebanyak 36-39 persen. Jumlah natrium dalam garam dapur ternyata lebih banyak bila dibandingkan dengan micin jadi resiko penyakitnya jauh lebih besar. Penyakit yang sering ditimbulkan karena mengkonsumsi natrium yang berlebihan adalah penyakit kardiovaskuler seperti darah tinggi dan jantung.

    Selain itu penggunaan micin akan membuat masakan jauh lebih sedap dari gula dan garam dan tentu mengurangi resiko penyakit jantung.

    2. Mempercepat waktu pencernaan

    Fakta berikutnya ternyata makanan yang mengandung micin akan cepat dicerna tubuh dari pada yang tidak. Glutamat dalam micin akan merangsang produksi saliva pada area mulut sehingga makanan mudah dihancurkan dengan cepat. Setelah itu ketika makanan sudsh mencapai lambung, maka makanan yang mengandung micin akan merangsang produksi asam lambung sehingga proses pencernaan menjadi lancar dan mudah diserap tubuh.

    3. Meningkatkan nafsu makan

    Fakta berikutnya dari micin adalah mampu meningkatkan selera makan. Makanan yang mengandung micin akan memiliki rasa yang gurih dan enak. Hal tersebut akan meningkatkan nafsu makan seseorang sehingga asupan nutrisi dapat masuk dengan maksimal.

    Baca juga:

    tips alami menjaga dan menumbuhkan kumis dengan benar
    bahaya begadang bagi remaja yang jarang kita ketahui
    agar otak cerdas, lakukan beberapa kegiatan berikut ini
    fungsi lain dari bulu pada vagina

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016