Manfaat Unik Mentimun Untuk Kesehatan

  • Script Iklan di sini

    Manfaat Unik Mentimun Untuk Kesehatan - Mentimun merupakan salah satu sayuran yang biasa ada di dapur kita. Mentimun banyak sekali mengandung air, selain itu banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran mentimun ini. Beragam olahan makanan bisa dibuat dari mentimun, mulai dari salad, lalapan hingga rujak biasa disajikan dari sayur mentimun. Fakta unik yang ada pada mentimun adalah kandungan kalori yang rendah namun nutrisi di dalamnya yang tergolong tinggi seperti air, protein, vitamin A, C , K, Magnesium, kaliun dan nutrisi yang lainnya. Karena kandungan nutrisi yang beragam inilah yang menjadikan sayur mentimun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

    Berikut beberapa manfaat mentimun bagi tubuh kita:

    1. Mencegah dehidrasi

    Kandungan air yang tinggi hingga 95 persen pada mentimun menjadikan mentimun mampu mencegah dehidrasi dan dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. Selain untuk mencegah dehidrasi, mentimun juga bisa mengeluarkan toksin dari dalam tubuh melalui keringat dan air kencing.

    2. Kebutuhan vitamin tubuh
    Kandungan vitamin A, C ,K dalam sayur mentimun menjadikan mentimun bisa memenuhi kebutuhan vitamin tubuh kita. Dengan kandungan vitamin dalam mentimun membuat kekebalan tubuh dan sistem imun kita bisa meningkat sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

    3. Sebagai program diet
    Dengan mengkonsumsi mentimun secara rutin baik itu dimakan langsung atau dibuat jus membuat perut menjadi kenyang dan malas makan walau kandungan kalori mentimun yang rendah sehingga tidak membuat gemuk.

    Baca juga: 3 Bahan alami yang dipercaya dapat memutihkan wajah

    4. Menurunkan panas
    Kandungan air yang tinggi dalam mentimun dapat memenuhi cairan tubuh kita sehingga dapat mencegah dehidrasi selain itu juga bisa menurunkan suhu tubuh kita ketika terjadi demam.

    5. Pencegah kangker
    Karena kandungan antioksidan dalam mentimun, menjadikan sayur mentimun sebagai pencegah radikal bebas yang terjadi dalam tubuh sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kangker.

    6. Menyembuhkan sembelit
    Buat anda yang mengalami sembelit, maka mentimun bisa jadi alternatif pencegah sembelit karena kandungan air dan serat yang tinggi dapat mencegah dan mengobati sembelit.

    Itulah beberapa manfaat dari sayuran mentimun, namun yang perlu diperhatikan walau manfaat yang banyak pada mentimun untuk kesehatan tubuh namun mengkonsumsi mentimun secara berlebihan tidak dianjurkan karena akan mengakibatkan perut kembung, tekanan darah rendah dan beberapa gangguan kesehatan yang lainnya.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016