Bahaya kesehatan yang bisa muncul karena terlalu lama bermain hp

  • Script Iklan di sini

    Di zaman yang serba modern seperti saat ini, penggunaan ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan setiap hari. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh ponsel pintar tersebut. Dari awalnya hanya sekedar alat komunikasi, penggunaan ponsel menjadi kebutuhan sehari hari. Mulai dari bekerja, hiburan, main game semuanya bisa dilakukan melalui ponsel.

    Dampak merokok dan bahayanya bagi kesehatan

    Penggunaan ponsel yang serba bisa ini yang menjadikan orang berlama lama duduk memandangi ponsel. Hal ini tanpa kita sadari lambat laun akan berdampak pada kondisi kesehatan kita. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan dari penggunaan ponsel yang terlalu lama:

    1. Mata lelah dan tegang

    Hal pertama yang sering kita rasakan ketika terlalu lama memandangi ponsel adalah gangguan mata lelah yang biasa ditandai dengan mata merah, kering dan terasa perih. Jika hal ini dibiarkan berlarut larut akan menjadikan mata mengalami iritasi, rabun dekat serta gangguan mata yang lainnya.

    Manfaat rebung atau bambu muda untuk kesehatan

    Solusi mengatasi hal ini adalah dengan membatasi penggunaan ponsel. Dengan membatasi waktu bermain ponsel akan menjadikan mata normal kembali.

    2. Perubahan struktur tulang leher

    Tanpa kita sadari ketika bermain ponsel posisi kepala kita akan menunduk. Hal ini akan berdampak pada perubahan struktur bantalan tulang leher kita. Hal ini sama dengan kita menahan beban 6 kali lipat kepala kita. Hal inilah yang akan mengakibatkan rasa sakit pada leher kita, atau juga membuat kepala kita sering pusing.

    Langkah terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara memperbaiki posisi tubuh kita dengan cara tegap kepala menghadap kedepan serta mengangkat tangan kita sejajar kepala  ketika sedang bermain ponsel.

    Manfaat mengangkat kaki keatas dan menempelkannya kedinding bagi kesehatan

    3. Obesitas

    Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup serius saat ini. Banyak hal yang menjadi faktor tingginya kasus obesitas. Salah satu penyebab obesitas adalah gaya hidup yang kurang sehat seperti kurang gerak akibat terlalu lama bermain handphone. Terlalu lama di depan layar handphone menjadikan kita malas untuk bergerak, akibatnya muncul resiko obesitas.

    4. Rasa kesepian

    Rasa kesepian menjadi salah satu dampak dari penggunaan handphone. Tidak jarang kita jumpai dimana banyak orang dalam satu ruangan namun mereka tidak saling menyapa dan berbicara malah asik sendiri dengan handphone nya. Hal ini dapat berdampak pada psikologis seseorang yang akan merasa mudah merasa kesepian. Walau bagaimanapun komunikasi verbal jauh lebih baik dari pada komunikasi digital.

    Awas perhatikan ini sebelum mengkonsumsi ikan sapu sapu

    5. Gangguan kejiwaan

    Gangguan kejiwaan menjadi dampak buruk penggunaan ponsel yang berikutnya. Banyak sekali kasus kecanduan gadged yang terjadi saat ini. Dimana seseorang tidak bisa lepas dari handphone nya. Dan jika mereka tidak didekat handphone nya mereka akan merasa gelisah.

    Demikian 5 gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan dari penggunaan handphone yang berlebihan.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

    1 komentar:

    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

     
    Copyright © 2016