5 Hal Yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil

  • Script Iklan di sini

    Bagi ibu hamil terdapat banyak sekali larangan yang berkembang disekitar kita. Mulai dari dilatang main ponsel, tidur tengkurap dsb. Namun tahukah bunda ternyata tidak semuanya itu dilarang. Ada beberapa hal yang masih aman dilakukan oleh bunda ketika hamil. Apa sajakah itu... berikut 5 hal yang aman dilakukan oleh ibu hamil:

    1. Tidur tengkurap

    Ada yang bilang tidur tengkurap tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Faktanya tidur tengkurap boleh dilakukan oleh ibu hamil trimester pertama. Namun hal ini biasanya akan mengakibatkan payudara bunda nyeri karena tekanan tubuh. Menginjak kehamilan trimester terakhir, tidur tengkurap tidak dianjurkan karena akan menyakiti janin. Posisi tidur yang dianjurkan ketika hamil trimester ketiga adalah tidur miring kekiri

    Tips menjaga kehamilan agar tetap sehat

    2. Penggunaan ponsel

    Ada yang bilang jika ponsel sangat berbahaya bagi ibu hamil. Namun faktanya tidak banyak pengaruh ponsel kepada kehamilan. Namun yang perlu diperhatikan, bunda harus tetap hati hati dan bijak ketika menggunakan ponsel. Ada baiknya bunda menggunakan handfree ketika telepon atau membatasi waktu penggunaan ponsel

    3. Kerja sampai larut malam

    Ada penelitian yang mengatakan jika ibu hamil yang bekerja sampai larut malam sangat beresiko kepada janin didalam kandungan. Mulai dari berat badan lahir rendah hingga bayi lahir premature. Namun resiko itu semua sangat kecil terjadi. Walaupun seperti ituz bunda harus tetap berhati hati karena bekerja sampai larut malam pada ibu hamil juga akan meningkatkan resiko ibu hamil mengalami preeklamsia, hipertensi, gangguan tidur atau bahkan keguguran. Untuk itu bunda harus bijak dalam mengatur jam istirahat demi kesehatan bayi didalam kandungan bunda.

    Bolehkah ibu hamil makan jengkol

    4. Menggunakan laptop

    Penggunaan laptop ketika hamil masih dibilang aman karena radiasi yang dipancarkan laptop tidak terlalu besar dan tidak berbahaya bagi kesehatan bayi didalam kandungan. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika memakai laptop jangan ditaruh di atas perut bunda. Hal ini dikhawatirkan panas dari laptop akan mempengaruhi peningkatan panas tubuh bunda dan mengakibatkan janin dalam kandungan mengalami gangguan.

    5. Berjalan ditengan alat pendeteksi logam

    Bunda jangan khawatir ketika hamil harus masuk kedalam gedung atau ruangan yang pintunya terpasang alat detektor logam. Ada mitos yang berkembang jika ibu hamil akan mengalami gangguan jika melewati alat detektor logam. Namun faktanya gelombang yang dipancarkan alat detektor logam sangat sedikit dan aman untuk siapa saja, termasuk juga pada ibu hamil. Jadi bunda tidak perlu khawatir lagi.

    Demikian informasi unik dari klinik keperawatan. Ceritakan pengalaman bunda ketika hamil dikolom komentar ya.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016