Kebiasaan Sehari Hari Yang Memicu Munculnya Sakit Punggung Dan Cara Mengatasinya

  • Script Iklan di sini

    Gaya hidup di zaman sekarang tanpa kita sadari ternyata banyak memicu gangguan kesehatan, mulai dari kebiasaan berlama lama duduk didepan komputer hingga posisi menunduk ketika bermain ponsel. Kebiasaan tersebut jika tidak dimbangi dengan aktifitas fisik akan menjadikan masalah kesehatan kedepannya. Salah satu masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan dari aktifitas tersebut adalah masalah nyeri punggung.

    Nyeri punggung yang kita alami saat ini kebanyakan dipicu dari kebiasaan sehari hari kita.

    Berikut beberapa kebiasaan sehari hari yang bisa memicu munculnya nyeri punggung:

    1. Kurang minum

    Kurang minum menjadi salah satu kebiasaan sehari hari yang kurang bagus bagi kesehatan tubuh kita. Kurang minum akan membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi, dan juga bisa berdampak pada kerja ginjal yang berat. Hal ini yang akhirnya memicu nyeri punggung sebelah kiri dan kanan dikarenakan efek dari kerja ginjal yang berat.

    Manfaat minum air putih ketika perut kosong

    2. Merokok

    Hampir semua orang memahami bahaya kesehatan yang disebabkan oleh rokok. Kandungan dalam sebatang rokok terdapat banyak sekali zak kimia berbahaya dan salah satunya adalah kandungan nikotin dalam rokok. Nikotin dalam tubuh akan mengakibatkan aliran darah dalam pemburuh darah terganggu, salah satunya adalah aliran darah pada pembuluh darah di sumsum tulang belakang yang dampaknya bisa mengakibatkan rasa nyeri ada punggung belakang.

    3. Gangguan pola tubuh

    Gangguan pola tubuh seperti jam istirahat yang tidak tentu karena siff malam atau sering begadang akan membuat irama sirkadian ( irama tubuh) menjadi tidak beraturan. Dan hal ini akan membuat sel tubuh mengalami gangguan dan berakibat pada peradangan kronis dan menjadikan kita mudah sakit serta rentan mengalami sakit punggung pada bagian bawah.

    4. Bekerja dengan berdiri

    Banyak artikel yang menjelaskan jika terlalu lama duduk akan berdampak buruk pada kesehatan. Namun ternyata terlalu lama berdiri juga kurang bagus bagi tubuh kita. Bagi mereka yang pekerjaannya mengandalkan aktifitas berdiri yang lama akan berdampak pada gangguan sakit pada area punggung. Hal ini dikarenakan berdiri yang lama dengan posisi tubuh yang kurang pas seperti membungkuk, miring dsb justru akan membuat tulang belakang mengalami perubahan postur seperti skeliosis, kifosis serta lordosis. Selain itu berdiri terlalu lama juga bisa membuat saraf pada sumsum tulang terjepit dan menyebabkan sakit pada punggung kita.

    Bahaya AC dan kipas angin bisa memicu penyakit kelumpuhan ini

    Untuk itu sangat penting bagi kita mengimbanginya dengan rutin melakukan olahraga serta mengimbangi aktifitas berdiri lama dengan sesekali duduk.

    5. Pemakaian sepatu yang kurang pas

    Salah satu penyebab sakit punggung yang diakibatkan oleh kebiasaan sehari hari tanpa kita sadari adalah pemakaian sepatu yang kurang pas dengan anatomi tubuh kita, seperti memakai sepatu dengan hak tinggi pada wanita.

    Pemakaian sepatu hak tinggi secara anatomi akan merubah postur tubuh kita sehingga akan mudah mengalami gangguan kesehatan pada kaki dan tulang belakang selaku penopang tubuh.

    6. Istirahat kurang

    Terlalu memaksakan bekerja dan lupa akan jam istirahat juga bisa memicu rasa sakit pada tubuh termasuk pada area punggung. Hal ini sebabnya sudah dijelaskan diatas dikarenakan adanya gangguan irama sirkadian dalam tubuh kita. Untuk mengurangi rasa sakit pada punggung kita akibat istirahat yang kurang dapat dilakukan dengan cara relaksasi dengan mandi air hangat serta beristirahat.

    Penyebab, gejala, serta pengobatan penyakit asma

    7. Faktor psikologis

    Faktor psikologis juga bisa berdampak pada keluhan nyeri pada area seluruh tubuh termasuk punggung. Seperti ketika kita melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan maka akan membuat tubuh kita menjadi mudah lelah serta mudah merasa capek.

    8. Terlalu memeras otak

    Mendapatkan pekerjaan yang terlalu menyita fikiran kita juga bisa memicu tubuh kita mudah lelah. Jika mendapatkan pekerjaan yang terlalu menyita fikiran, ada baiknya kita menyelipkan hiburan seperti relaksasi, menonton TV disela pekerjaan kita agar fikiran tidak terlalu tegang.

    9.bermain ponsel

    Disaat ini hampir semua orang dari kalangan anak kecil hingga dewasa setiap hari bermain dengan ponsel. Tanpa kita sadari bermain ponsel dalam waktu lama akan beresiko menggangu kesehatan kita. Hal ini dikarenakan ketika bermain ponsel, tanpa kita sadari anatomi tulang belakang kita akan membungkuk untuk melihat ponsel kita. Hal ini akan membuat tulang belakang kita mengalami kifosis dan berakibat pada penekanan pada saraf di area tulang belakang yang bisa menimbulkan rasa nyeri pada area punggung.

    Apakah berkeringat berarti kehilangan lemak

    10. Jarang berolahraga

    Jarang berolahraga ternyata juga bisa mengakibatkan sakit punggung. Terlebih olahraga yang butuh fleksibilitas seperti senam, yoga. Tubuh kita juga memerlukan peregangan agar otot tidak kaku. Olahraga rutin setiap hari akan mengurangi resiko sakit pada area punggung kita.

    11. Sakit lambung

    Jika asam lambung sedang tinggi akan berdampak pada rasa nyeri disekitar perut. Namun pada beberapa kasus, rasa nyeri tersebut bisa muncul pada punggung juga.

    Cara Mengatasi Sakit Punggung

    Bila kita sudah mengalami sakit punggung yanh diakibatkan oleh rutinitas kita sehari hari. Maka ada baiknya kita melakukan beberapa hal berikut, agar sakit punggung kita bisa hilang.

    Tips terlihat awet muda diusia 30 tahun ke atas

    Berikut beberapa cara agar sakit punggung cepat sembu:

    1. Berendam dengan air hangat

    Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit pada area punggung adalah dengan mengompresnya dengan air hangat. Atau bisa juga dilakukan dengan berendam pada air hangat. Rasa hangat merupakan relaksasi alami untuk mengurangi rasa sakit. Berendam dengan air hangat secara rutin dapat menghilangkan rasa sakit pada punggung kita.

    2. Banyak minum air putih

    Salah satu penyebab sakit punggung adalah karena kerja ginjal yang berat. Kerja ginjal yang berat biasanya disebabkan karena kurang mengkonsumsi air putih. Kerja ginjal yang berat biasanya ditandai dengan rasa sakit ada area punggung bawah sebelah kiri atau kanan.

    3. Olahraga

    Melakukan peregangan tubuh seperti senam bisa membuat tubuh kita menjadi sehat kembali. Bahkan nyeri punggung bisa dikurangi dengan rutin berolahraga.

    4. Berenang

    Berenang biasanya digunakan untuk terapi bagi mereka yang mengalami gangguan nyeri pada area punggung. Dengan berenang akan merangsang otot tubuh untuk aktif. Selain itu berenang akan mengurangi gaya grafitasi yang biasanya menekan pada area tulang belakang dan bisa memperbaiki postur tubuh kita.

    Ciri ciri diare serta cara penanganannya

    5. Berbaring

    Sakit punggung bisa jadi disebabkan karena tekanan gaya grafitasi karena terlalu lama berdiri. Ada baiknya berbaring ditempat tidur dilakukan untuk mengurangi gaya grafitasi dan mengurangi rasa sakit.


    Demikian informasi dari klinik keperawatan tentang sakit punggung. Ada baiknya bagi kita memperhatikan kebiasaan sehari hari kita yang kurang bagus bagi kesehatan, agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016