Menangani Bayi Yang Tersedak , Hati Hati Jangan Memukul Terlalu Kencang

  • Script Iklan di sini
    pada usia balita, tersedak mungkin menjadi suatu yang sering terjadi. hal ini diakibatkan karena kebiasaan si bayi yang suka memasukkan sesuatu kedalam mulutnya. tersedak sendiri terjadi apabila ada benda asing yang masuk kedalam saluran pernafasan.
    lalu insting kita sebagai orang tua maupun penolong akan memberikan pertolongan secara cepat dan tepat. namun yang terjadi dilapangan banyak penolong yang melakukan pertolongan dengan cepat namun kurang tepat, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan si penolong.
    insting kita sebagai penolong adalah menepuk punggung si bayi agar benda asing dalam saluran pernafasan itu bisa keluar. namun kesalahan mendasar yang sering terjadi adalah menepuk punggungnya terlalu kencang, hal ini bisa juga mengakibatkan kesalahan fatal.
    baca: pertolongan pertama apabila kita tersedak 
    kesalahan karena menepuk punggung terlalu kencang dapat mengakibatkan patahnya tulang rusuk. hal ini sering terjadi karena orang tua yang terlalu panik dan lupa untuk mengatur kekuatan tepukannya sehingga mengakibatkan patahnya tulang rusuk.
    baca:ini penjelasan tersedak dapat mengakibatkan kematian
    untuk itu sebagai orang awam kita dianjurkan juga mempelajari pertolongan dasar pada kegawat daruratan agar kita bisa memnerikan pertolongan dengan cepat dan tepat.
    pada pertolongan bayi yang tersedak dianjurkan untuk meletakkan bayi dalam posisi telungkup dan kemudian menepuk punggung bayi sebanyak 5 kali dan selanjutnya lihat pada rongga mulut apakah ada benda asing yang keluar dari rongga mulut apa belum.
     Baca : Cara yang benar menolong bayi tersedak
    dan apabila belum ada tanda benda asing yang keluar dari rongga mulut maka ubah posisi bayi menjadi telentang dan tekan tulang dada di bawah puting si bayi dengan dua jari.
    satu hal yang harus kita hindari adalah memasukkan tangan kita kedalam mulut si bayi untuk mengambil makanan atau benda asing tersebut, hal tersebut harus kita hindari karena dapat berakibat fatal. karena insting orang tua yang sering adalah memasukkan tangannya kemulut bayi untuk mengambil benda asing itu.

    baca juga:
    Cara yang benar menolong bayi tersedak
     ini penjelasan tersedak dapat mengakibatkan kematian 
     pertolongan pertama apabila kita tersedak

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016