8 Penyakit Yang Sering Diderita Santri Di Pesantren

Pesantren pada dasarnya merupakan lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan tentang agama. dalam hal ini para santri akan dididik tentang pelajaran agama islam mulai dari nahwu, hadist dan lain lainnya. sampai saat ini pesantren sudah berkembang pesat dan berperan aktif terhadap standart pendidikan yang ada di masyarakat. bahkan saat ini ada istilah pesantren modern, yaitu pesantren yang selain mengajarkan pendidikan agama juga memberi pelajaran tentang pendidikan formal lainnya.
baca ini bahaya yang timbul saat perut buncit
namun dari perkembangan pesantren yang begitu pesat sampai saat ini, banyak pesantren yang belum menerapkan pola akan hidup sehat dan kebersihan lingkungan. banyak sekali penyakit yang dialami santri yang disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. berikut 8 penyakit yang sering diderita santri di pondok pesantren:


1. gudik (scabies)
gudik atau dalam istilah medisnya disebut scabies sudah menjadi suatu yang biasa dialami santri di pesantren. bahkan sampai ada istilah bukan santri namanya yang tidak gudiken, atau gudik itu stampelnya pondok. hal ini merupakan bukti bahwa pola kebersihan yang kurang sudah menjadi suatu yang biasa dalam pesantren. pada dasarnya gudik merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu yang bernama sarcoptes scabie,filum artropoda , kelas arachnida dari ordo ackarina , superfamily sarcoptes. gudik sendiri menular karena kurangnya kebersihan. mulai dari kasur yang digunakan bersamaan, tidak pernah menjemur kasur, sering pinjam baju teman, dll.


2. Herpes
herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. penyakit herpes sendiri merupakan penyakit kulit yang bisa menular. banyak kalangan santri yang menderita penyakit herpes karena tertular oleh temannya. ciri dari penyakit herpes adalah adanya ruam pada kulit yang khas yang rasanya nyeri, perih dan tidak gatal. biasanya diiringi dengan suhu tubuh yang meningkat.



3. anemia
anemia sendiri biasanya diderita santriwati . hal ini karena dipengaruhi banyak faktor. mulai dari asupan nutrisi yang kurang, aktifitas santri yang padat sampai pengaruh dari menstruasi. sudah sering kita ketahui pola makan santri sering tidak sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna. hal ini dikarenakan santri dibebaskan membeli makanan di luar pondok sehingga santri akan bebas makan sesuatu yang ia suka sehingga untuk asupan gizi lainnya kurang. kebanyakan santri jarang sekali makan sayur sayuran yang memicu terjadinya anemia. selain itu jadwal santri yang padat terkadang membuat santri lupa akan makannya yang menyebabkan anemia.
baca penyebab sakit gigi menjelang menstruasi

4. kurangnya nutrisi
bagaimana bisa santri yang kebanyakan anak orang mampu bisa kurang nutrisi. dari hasil penelitian yang penulis lakukan di pesantren, 30 % santri mengalami kurang nutrisi, hal ini dilakukan dengan menggunakan rumus IMT. kurangnya nutrisi pada santri ditengarai karena pola makan santri yang kurang berimbang dan santri cenderung kurang memperhitungkan gizi pada makanannya.


5. Influenza
flu dalam pesantren mudah sekali menyebar dikarenakan lingkup pesantren yang padat membuat si penderita flu mudah sekali menularkan kepada teman lainnya. ditambah lagi nutrisi yang kurang memudahkan penyakit flu mudah terjadi pada santri.
baca ini penjelasan tersedak dapat mengakibatkan kematian



6. magh / Gastritis
penyakit magh atau istilahnya gastritis sendiri sering terjadi dikalangan santri di pesantren. hal ini terjadi karena pola makan santri yang tidak teratur sehingga ganguan penyakit gastritis mudah sekali menyerang.


7. pusing
pusing sendiri sering terjadi pada santri. hal ini dikarenakan asupan makanan yang kurang berimbang serta pola aktifitas santri yang padat. terkadang juga pola istirahat santri yang kurang sehingga memicu timbulnya penyakit seperti anemia, kurang nutrisi yang mengakibatkan sering pusing.

8. kutu rambut
kutu rambut sendiri sering dialami oleh beberapa kalangan santri. hal ini bisa disebabkan karena kurangnya kebersihan diri dan resiko penularan kutu rambut yang mudah terjadi di pesantren. ada beberapa kejadian kutu rambut sering dialami dikalangan santriwati.

itulah 8 penyakit yang sering diderita santri di pesantren semoga kita para santri mampu menjaga pola makan dan kebersihan lingkungan sehingga terjauh dari penyakit seperti diatas.

baca artikel lainnya:
 Cara yang benar menolong bayi tersedak
 ini penjelasan tersedak dapat mengakibatkan kematian 
 pertolongan pertama apabila kita tersedak 
ini bahaya yang timbul saat perut buncit
penyebab sakit gigi menjelang menstruasi

2 comments:

  1. jangan lupa..
    "Kutu Rambut"
    yg sering di alami santriwati

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas bro... thanks masukannya dah aku edit ulang. terima kasih sudah berkunjung dan ditunggu saran dan kritiknya.

      Delete