Fungsi Kantin Sekolah Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran

  • Script Iklan di sini
    Perkembangan sekolah saat ini dalam hal pengenalan lingkungan bisa dibilang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa sekolah yang sudah mengenalkan pendidikan lingkungan melalui sekolah adiwiyata. Banyak sekolah sekolah saat ini yang sudah mengembangkan sekolahnya menuju sekolah adiwiyata, mulai dari sekolah adiwiyata tingkat kabupaten hingga sekolah adiwiyata mandiri nasional.
    Salah satu hal yang tidak bisa dijauhkan dari sekolah adiwiyata adalah keberadaan kantin sekolah yang ada dalam lingkungan sekolah. Keberadaan kantin sekolah selain sebagai tempat pemenuhan nutrisi untuk siswa, kantin sekolah juga memiliki banyak fungsi seperti, sarana pendidikan, dan sarana untuk menganalisa keberhasilan program adiwiyata di lingkungan sekolah.
    sebagai sarana pendidikan, kantin sekolah diharapkan dapat menunjang program sekolah, terlebih lagi program sekolah sehat. Dalam hal ini kantin memiliki peran sebagai sumber pemenuhan nutrisi bagi siswa, jadi jajanan di kantin sekolah hendaknya mengandung nutrisi yang dibutuhkan siswa untuk proses pembelajaran. Setiap jajanan di kantin sekolah hendaknya mengandung lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan protein. Dengan adanya semua unsur itu dalam kantin sekolah diharapkan pemenuhan nutrisi untuk siswa dapat terpenuhi.
    Selain kebutuhan nutrisi yang harus ada dalam kantin sekolah, kantin sekolah hendaknya juga tidak ada bahan tambahan berbahaya didalamnya. Seperti halnya kantin yang ada didalam SMP Negeri 3 Peterongan yang terletak Di Ponpes Darul Ulum Peterongan jombang. Di kantin SMPN 3 Peterongan setiap kantin dilarang memakai bahan tambahan pangan yang berbahaya seperti 6P, atau biasa disini disebutkan kantin SMP Negeri 3 Peterongan bebas dari 6P (PENYEDAP,PEMANIS,PENGENYAL,PENGAWET,PEWARNA,PEMBUNGKUS makanan yang berbahaya).

    Baca juga:
    pengertian sekolah UKS
    standar pelayanan UKS terhadap kantin sekolah
    indikator penilaian sekolah sehat dan sekolah UKS
    belajar mengenal obat yang boleh dan tidak ada di UKS
    fungsi kantin sekolah sebagai penunjang proses pembelajaran

    Mungkin di sekolah pada umumnya kantin sekolah bebas dari 5P ( PENYEDAP, PEMANIS, PENGENYAL, PENGAWET,PEWARNA) makanan berbahaya. Namun berbeda dengan yang ada dikantin SMPN 3 Peterongan yang bebas dari 6P. 6P yang dimaksud adalah selain bebas dari 5 bahan makanan yang berbahaya, kantin SMPN 3 Peterongan juga bebas dari pembungkus makanan yang berbahaya.
    Selain itu sebagai media pembelajaran di sekolah,kantin SMPN 3 Peterongan melalui UKS sekolah juga bekerjasama dengan puskesmas peterongan, lebih tepatnya dengan tim gizi dari puskesmas peterongan dalam hal melakukan penghitungan kandungan nutrisi tiap jajanan di kantin SMPN 3 Peterongan.dengan adanya pengetahuan siswa tentang jumlah tiap nutrisi dalam jajanan di kantin sekolah, diharapkan siswa dapat secara mandiri menghitung kebutuhan nutrisi harian siswa, agar siswa terhindar dari anemia maupun kekurangan nutrisi. Tentunya hal ini juga dimaksimalkan dengan pemberian informasi yang dilakukan oleh pokja UKS terkait pentingnya gizi dalam proses pembelajaran.
    Selain kantin sebagai sarana pendidikan,kantin sekolah juga memiliki fungsi sebagai sarana pengontrol keberhasilan program adiwiyata. Hal ini dapat dijelaskan salah satu penilaian program adiwiyata adalah bagaimana sekolah tersebut mampu mengolah limbah atau sampah yang ada di sekolah, yang kebanyakan sampah sekolah di hasilkan dari kantin sekolah.
    Untuk meminimalisir sampah yang dihasilkan oleh kantin sekolah maka sekolah hendaknya memiliki kebijakan kebijakan dalam hal pembuangan sampah atau limbanh bekas kantin sekolah.
    Salah satu program untuk mengatasi masalah sampah tersebut adalah mengurangi penggunaan sampah plastic di kantin sekolah, selain untuk mengurangi, sampah plastik juga termasuk dalam pembungkus makanan berbahaya. Sehingga penggunaannya harus dikurangi dengan cara mengganti pembungkus plastic dengan bungkus makanan dari daun.
    Untuk mengatasi limbah rumah tangga yang dihasilkan dari kantin,maka dapat disiasati dengan cara membuat sumur resapan,sehingga limbah rumah tangga dari kantin dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman.
    Itulah sedikit gambaran fungsi kantin sekolah untuk sarana penunjang proses pembelajaran bagi siswa,semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa like commend dan share agar informasi ini bermanfaat untuk semua.



    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016