Cara Mengetahui Janin Sudah Masuk Panggul Atau belum

  • Script Iklan di sini

    Cara Mengetahui Janin Sudah Masuk Panggul Atau belum - menjalani persalinan secara normal merupakan dambaan setiap ibu hamil. salah satu hal yang perlu dilakukan agar persalinan bisa dilakukan secara normal adalah memastikan terlebih dahulu janin sudah masuk panggul apa belum. untuk itu dalam artikel kali ini, KLINIK KEPERAWATAN akan membahas tentang hal hal yang berhubungan dengan janin yang sudah masuk kerongga panggul ibu.

    Kapan janin mulai masuk ke rongga panggul..???

    pada usia kehamilan 28-32 minggu merupakan waktu yang biasanya dialami janin untuk masuk kee panggul. namun ada juga beberapa bayi yang masuk ke dalam panggul disaat mendekati persalinan. ketika kehamilan memasuki usia 32 minggu maka sudah waktunya si ibu untuk segera memeriksakan kandungannya untuk mengetahui posisi janin, apakah sudah memasuki panggul apa belum. biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan leopold dan USG untuk mengetahui posisi janin apakah sudah memasuki panggul atau belum.

    Baca: Mitos atau fakta bahwa minyak kelapa bisa memperlancar persalinan bagi ibu hamil

    ada beberapa tanda yang dirasakan si ibu ketika janin sudah masuk kerongga panggul ibu, antara lain:

    1. adanya rasa tidak nyaman pada area panggul bawah
    2. adanya rasa ingin sering kencing
    3. adanya rasa ingin sekali buang air besar

    tanda tanda tersebut akan muncul karena pada saat posisi kepala janin sudah masuk kedalam rongga panggul akan menekan organ disekitarnya seperti saluran kencing dan saluran pencernaan. rasa kurang nyaman atau nyeri akan sering dikarenakan penekanan kepala janin ke organ sekitar dan hal tersebut masih normal.

    dalam beberapa kasus ada beberapa kehamilan dimana pada usia 32 minggu janin masih belum juga masuk kedalam rongga panggul. dan hal ini akan berbahaya bila dilakukan persalinan normal nantinya. untuk itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan si ibu agar janin dalam kandungan bisa masuk kedalam rongga panggul.

    Baca: 5 Fakta dibalik mitos seputar ibu hamil yang perlu bunda ketahui

    cara agar janin masuk panggul:

    ada beberapa cara atau kegiatan yang perlu dilakukan si ibu agar dapat merangsang janin masuk kedalam rongga panggul, antara lain:

    1. rutin berolahraga

    olah raga dalam hal ini adalah olahraga yang bisa merangsang janin untuk masuk panggul. salah satu contoh olahraga yanng bisa merangsang janin masuk panggul adalah dengan melakukan gerakan jongkok berdiri. olahraga jongkok dan berdiri bisa dilakukan setiap pagi dan sore hari untuk merangsang janin.

    selain itu aktifitas berjalan kaki dipagi hari sangat bermanfaat untuk ibu hamil, hal ini dikarenakan berjalan kaki akan menguatkan otot si ibu dan juga merangsang pergerakan janin untuk masuk kedalam panggul.

    jika ada waktu luang, bunda juga bisa mengikuti kelas senam atau yoga untuk ibu hamil yang dibimbing langsung oleh instruktur senam untuk merangsang janin masuk kedalam panggul.

    2. sering nungging

    untuk merangsang kepala janin masuk kedalam panggul, bunda bisa melakukan gerakan nungging atau aktifitas mengepel lantai agar janin terangsang untuk masuk kedalam panggul. selain itu gerakan sujud dalam sholat juga bisa membantu si ibu.

    Baca: Agar bayi putih saat dilahirkan, bunda bisa melakukan hal ini

    3. mengajak berkomunikasi

    langkah ketiga agar bayi bisa masuk kedalam pannggul adalah dengan cara melakukan komunikasi atau kotak dengan bayi. bunda bisa berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan untuk meminta bayi agar mau memasukkan kepalanya kedalam panggul. bunda dan bayi sudah memiliki hubungan dan kontak sejak bayi masih dalam kandungan. komunikasi rutin dengan bayi juga sangat bermanfaat untuk mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan.

    demikian informasi seputar Cara Mengetahui Janin Sudah Masuk Panggul Atau belum serta cara agar janin cepat masuk kedalam panggul. jangan lupa kunjngi terus blog klinik keperawatan untuk menemukan informasi kesehatan lainnya.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016