Diet Sehat Ibu Hamil 8 Bulan Untuk Kesehatan Ibu Dan Janin

  • Script Iklan di sini

    Diet Sehat Ibu Hamil 8 Bulan Untuk Kesehatan Ibu Dan Janin - menjalani sebuah proses kehamilan merupakan tahapan kesempurnaan seorang wanita dewasa. hampir semua wanita dewasa akan menjalani proses kehamilan setelah melakukan pernikahan. dalam menjalani masa kehamilan banyak hal yang harus difikirkan agar ibu hamil dan calon bayi tetap sehat dan bisa lahir dengan kondisi normal.

    salah satu masalah yang biasanya dihadapi oleh ibu hamil pada usia 8 bulan adalah obesitas, baik itu obesitas pada ibu maupun resiko obesitas yang terjadi pada janin.

    resiko obesitas bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya karena asupan nutrisi yang dikonsumsi seorang ibu. usia kehamilan 8 bulan sangat rentan sekali resiko obesitas, untuk itu penting bagi seorang ibu menjaga asupan nutrisinya dengan menjalankan program diet agar ibu hamil dan janinnya tetap sehat.

    obesitas pada janin bisa meningkatkan resiko persalinan yang tidak bisa normal dan harus melalui cesar karena berat badan bayi yang besar. selain itu obesitas pada janin juga bisa berdampak resiko cacat janin dalam kandungan karena berat badan yang berlebih. lebih lanjut bayi yang memiliki berat badan lebih atau obesitas juga beresiko terkena diabetes mellitus.

    ada beberapa diet sehat yang bisa dilakukan oleh ibu hamil 8 bulan untuk menjaga kondisi ibu dan janin tidak mengalami obesitas.

    diet sehat pada ibu hamil 8 bulan dapat dilakukan dengan mengatur pola makanan. dalam hal ini seorang ibu hamil dilarang membatasi makanannya, namun diperlukan mengatur pola makanan agar diet sehatnya tidak mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan. mengatur pola makan dapat dilakukan sebagai berikut:

    1. menghindari makanan yang dapat meningkatkan berat badan

    diet ibu hamil 8 bulan yang pertama adalah menghindari makanan yang bisa menaikkan berat badan seperti es krim, semua produk susu kehamilan yang mengandung gula. selain itu ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti makanan cepat saji, keju, creamer, es krim dan semua makanan yang kaya karbohidrat namun rendah nutrisi dan protein.

    2. mengatur frekwensi makanan bagi ibu hamil

    diet sehat ibu hamil 8 bulan yang perlu diperhatikan adalah mengatur frekwensi makannya. seperti ketika makan berat cukup 3 kali sehari dengan jadwal waktu yang sama.serta makanan ringan yang bernutrisi disela sela waktu tersebut.

    3. mengkonsumsi makanan tinggi protein

    diet sehat ibu hamil 8 bulan yang berikutnya adalah memperhatikan konsumsi makanan yang tinggi protein. makanan yang tinggi protein akan membuat si ibu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa ingin ngemil.

    4. mengkonsumsi sayur sayuran

    diet sehat ibu hamil 8 bulan tidak boleh lepas dari mengkonsumsi sayuran hijau. penting bagi ibu hamil maupun menyusui untuk mengkonsumsi sayuran hijau. karena sayuran hijau mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil 8 bulan. ibu hamil maupun menyusui sangat rentan terhadap anemia, untuk itu diperlukan sayuran hijau yang juga kaya akan zat besi untuk mengurangi resiko terjadinya anemia.

    5. mengkonsumsi buah buahan

    selain mengkonsumsi sayuran pada diet sehat ibu hamil 8 bulan, penting juga bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah buahan. buah buahan mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang diperlukan janin untuk tumbuh. buah buahan yang sering dikonsumsi ibu hamil antara lain buah apel,anggur, cerry, alpukat,strawwberry, jeruk, kurma, dan buah lainnya.

    dari pola diet sehat untuk ibu hamil 8 bulan diatas ada baiknya sebelum menjalankan diet tersebut terlebih dahulu melakukan konsultasi dulu ke bidan atau ke dokter kandungan agar tidak muncul masalah baru bagi ibu hamil dan janin ketika menjalankan program diet tersebut.

    selain diet sehat diatas, ibu hamil  8 bulan penting juga melakukan olahraga agar mudah ketika menjalani persalinan nantinya. yang perlu diperhatikan ketika berolahraga pada ibu hamil 8 bulan adalah jangan terlalu capek atau lelah. olah raga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil 8 bulan adalah dengan melakukan senam hamil. senam hamil sendiri memiliki tujuan agar proses persalinan nanti bisa lancar. yang terpenting dalam melakukan senam hamil, si ibu hamil harus didampingi seorang instruktur senam agar senamnya tetap aman.

    berbagai rentetan cara diet sehat ibu hamil 8 bulan diatas bisa anda coba dengan tujuan agar berat badan ibu dan bayi bisa dikontrol dan tidak sampai obesitas. dan yang terpenting dari program diet sehat diatas adalah ibu dan calon bayi tetap sehat.

    Baca juga:

    ketahui jenis makanan untuk diet bagi ibu menyusui agar ibu dan janin sehat
    disangka berbahaya, ini manfaat micin bagi tubuh kita
    mitos tentang puting payudara yang tidak semuanya benar

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016