Mengenal Lambang Kode Pada Obat Obatan

  • Script Iklan di sini

    Mengenal Lambang Kode Pada Obat Obatan - Saat kita membeli obat di apotik pernahkah kita mengamati dalam bungkus obat tersebut terdapat lambang lingkaran, ada yang berwarna merah, biru dan hijau. mungkin bagi kita yang kurang faham akan mengabaikan gambar tersebut. namun ternyata gambar lingkaran tersebut sangat penting untuk mengenali jenis obat obatan. gambar lingkaran dalam sampul obat itu biasa dikenal dengan lambang obat atau kode obat. kode atau lambang obat dibagi menjadi 3 yaitu lambang berwarna hijau, biru, dan merah. berikut penjelasannya:

    1. lambang obat berwarna hijau dengan garis tepi hitam



    lambang obat dengan warna hijau dan garis tepi hitam merupakan kode bahwa obat tersebut merupakan obat bebas. artinya obat tersebut bisa kita beli walau tanpa menggunakan resep dari dokter.meski demikian obat pengkonsumsian obat bebas juga harus hati hati dan tidak boleh berlebihan. contoh obat bebas dengan lambang hijau adalah obat obatan yang dijual bebas di warung, toko, maupun apotik.

    2. lambang obat berwarna biru dengan garis tepi hitam


    lambang obat berikutnya adalah obat dengan lambang biru dengan garis tepi hitam, artinya adalah obat ini merupakan obat bebaasa namun penjualannya terbatas. obat jenis ini boleh kita beli walau tanpa resep dari dokter. obat jenis ini dosisnya lebih tinggi dari obat berlambang hijau atau obat bebas. obat bebas terbatas atau obat berlambang biru ini memiliki arti tidak dijual disembarang tempat. obat jenis ini hanya boleh dijual di apotik atau toko obat saja. dan syarat kemasan obat berlambang biru ini adalah disetiap kemasannya harus disertai dengan tanda peringatan dan dosis yang harus digunakan.

    3. lambang obat berwarna merah bergaris tepi hitam dan ada huruf K ditengahnya


    lambang obat yang ketiga ini memiliki arti obat keras, daan hanya bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter. jenis obat keras ini penggunaannya sangat diawasi dan hanya boleh dijual di apotik.

    itulah penjelasan tentang kode atau lambang obat yang jarang kita ketahui, semoga menambah wawasan kita.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016