Pekerjaan Rumah Tangga Yang Berbahaya Dilakukan Oleh Ibu Hamil

  • Script Iklan di sini

    Menjadi ibu hamil bagi sebagian orang bukan menjadi alasan untuk bermalas malasan. Walaupun terkadang bumil sering merasa lemas dan malas untuk beraktifitas. Merasa lemas pada ibu hamil sangat wajar dan hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari peningkatan hormon kehamilan yang membuat tubuh mudah lelah, rasa mual, hingga beban berat kandungan yang akan membuat bumil malas untuk beraktifitas.

    Namun bagi bumil yang aktif dan melakukan pekerjaan rumah sendiri tanpa bantuan orang lain, bunda harus berfikir dua kali untuk melalukan aktifitas tertentu seperti mengangkat beban hingga terlalu capek. Hal ini bisa jadi sangat berbahaya bagi kandungan bumil.

    5 Hal yang aman dilakukan oleh ibu hamil

    Selain itu tidak ada salahnya bagi bumil meminta bantuan suami dalam beberapa pekerjaan rumah. Hal ini selain untuk menjaga kandungan bumil, bisa juga untuk mempererat ikatan bumil dan suami.

    Berikut ini beberapa aktifitas harian yang sebaiknya tidak bumil lakukan sendiri atau bumil bisa minta bantuan orang lain:

    1. Bumil jangan bersihkan kotak kotoran kucing

    Jika bumil memiliki kucing di rumah maka sebaiknya bumil jangan membersihkan kotak kotoran kucing sendiri. Walaupun kelihatannya sangat sederhana dan sepele hanya membersihkan kotak kotoran kucing. Namun dibalik itu hal ini bisa sangat berbahaya bagi kandungan bumil dan janin. Ini karena pada kotoran kucing mengandung parasit yang bernama toksoplasma gondhi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami toksoplasmosis.

    Benarkah mendengarkan musik saat hamil bikin bayi cerdas

    Jika parasit toksoplasma gondhi ini masuk kedalam kandungan bumil akan sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan bayi lahir cacat, kelainan penglihatan, gangguan tumbuh kembang hingga bayi lahir premature.


    2. Bumil jangan angkat beban berat

    Biasanya ketika bumil membersihkan rumah sendiri, bumil akan mengangkat perabotan rumah dan memindahkannya sendiri walaupun berat. Hal ini harus sangat hati hati karena ketika hamil, bumil disarankan untuk tidak mengangkat beban berat. Mengangkat beban berat akan mengakibatkan resiko cedera pada janin didalam kandungan selain itu mengangkat beban berat akan membuat resiko perdarahan, ketuban pecah dini hingga kelahiran premature.

    Makanan dan minuman yang berbahaya bagi ibu hamil

    3. Bumil jangan berdiri terlalu lama

    Biasanya bumil yang hobinya masak akan melakukan aktifitas didapur selama berjam jam dengan berdiri. Hal ini sangat berbahaya bagi kandungan bumil karena berdiri yang terlalu lama akan membuat kaki bumil mudah sekali bengkak dan nyeri punggung karena tanpa bumil sadari berdiri terlalu lama akan membuat tubuh bumil menopang beban berat. Selain itu resiko berdiri terlalu lama akan membuat janin mengalami gangguan tumbuh kembang dan bahaya kelahiran premature.

    4. Bumil jangan menggunakan bahan kimia

    Untuk bumil yang suka bersih bersih rumah biasanya akan membersihkan lantai maupun perabot rumah tangga dengan menggunakan  pembersih berbahan kimia. Sebaiknya bumil menghindari hal tersebut karena bahan kimia bisa sangat berbahaya bagi janin. Sebaliknya bumil bisa membersihkan rumah dengan menggunakan bahan alami seperti cuka atau soda kue.

    5. Bumil jangan naik diketinggian

    Jika bumil biasa membersihkan ditempat yang tinggi seperti langit langit. Sebaiknya jangan langsung membersihkan sendiri, mintalah pada suami untuk membersihkannya. Hal ini untuk mengurangi resiko bumil terjatuh dan bisa membahayakan pada ibu hamil dan janin.

    Bolehkah ibu hamil makan jengkol

    Meskipun banyak pantangan pada ibu hamil, sebaiknya jangan jadikan ini alasan untuk bermalas malasan. Bumil bisa melakukan aktifitas ringan yang aman untuk bumil.

    Demikian tips dari Klinik Keperawatan jika ada pertanyaan jangan lupa sampaikan dikolom komentar.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016