Cegah Demam Berdarah Dengan 5 Langkah Mudah Ini


Pada musim hujan yang telah tiba seperti saat ini biasanya kasus penyakit DBD ( Demam Berdarah Dengue) meningkat. Dimana penyakit DBD disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti.

Mengingat meningkatnya kasus DBD setiap awal musim penghujan, banyak cara dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penyebaran penyakit DBD ini. Program yang sering kita dengar dimasyarakat untuk mencegah penyakit DBD adalah dengan melakukan 3M yang dilaksanakan secara serentak dimasyarakat.

Tips menangani anak yang badannya panas

Selain itu biasanya akan dilaksanakan fogging di beberapa tempat untuk membunuh nyamuk penyebab DBD.

Selain pencegahan yang dilakukan dimasyarakat, ada juga pencegahan DBD yang bisa diterapkan di rumah kita masing masing, antara lain:

1. Membersihkan bak mandi setiap seminggu sekali

Hal pertama yang bisa kita lakukan sendiri di rumah untuk pencegahan penyakit DBD adalah dengan menguras bak mandi setiap seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk memutus siklus dari nyamuk aedes aegypti. Perlu kita ketahui siklus hidup nyamuk di bak mandi selama 8 sampai 9 hari. Jadi ketika kita menguras bak mandi setiap seminggu sekali berarti kita memutus siklus hidup nyamuk teesebut.

Ciri ciri diare beserta penanganannya

2. Alat rumah tangga yang menampung air

Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah dengan mengamati perabot rumah disekitar rumah kita seperti tempat penampungan air, pot bunga, tempat minum hewan peliharaan. Karena tempat tempat tersebut beresiko menjadi sarang nyamuk. Rutin memeriksa tempat tempat yang beresiko digenangi air dan membersihkannya secara rutin dapat mencegah nyamuk berkembang biak.

3. Pakailah kasa nyamuk

Jika diperlukan pakailah kasa nyamuk yang berfungsi untuk mencegah nyamuk dari luar rumah masuk kedalam rumah. Pemakaian kasa nyamuk bisa kita tempatkan di jendela, angin angin hingga pintu.

Cara ampuh mengurangi sakit gigi dirumah

4. Jangan menggantung baju kotor

Yang perlu diketahui nyamuk suka sekali menempel pada pakaian kotor kita karena bau kita yang menempel pada pakaian tersebut. Walaupun pakaian kotor bukan merupakan tempat berkembang kiak nyamuk, namun pakaian kotor dapat mengundang nyamuk untuk bersarang dikamar kita. Untuk itu jangan menaruh pakaian kotor digantungan. Jika memang ada pakaian kotor lebih baik menaruhnya di tempat tertutup.

5. Pakailah lotion anti nyamuk dan kelambu

Jika memang perlu pakailah lotion anti nyamuk untuk mencegah nyamuk menggigit. Dan jika memang perlu pakailah kelambu ketika tidur agar nyamuk tidak menggangu kita ketika tidur.

2 comments: