Awas Perhatikan Ini Sebelum Mengkonsumsi Ikan Sapu Sapu


Sebuah berita beberapa waktu lalu yang terjadi dijakarta dimana ada sebagian pedagang siomay nakal yang seharusnya menggunakan bahan dasar ikan tenggiri diganti dengan ikan sapu sapu yang berasal dari sungai ciliwung.

Lantas bagaimana sih yang terjadi pada tubuh kita jika mengkonsumsi ikan sapu sapu tersebut.

5 Tips kesehatan yang salah kaprah namun masih kita percaya

Ikan sapu sapu pada dasarnya adalah jenis ikan omnivora yang artinya makan apapun yang ada disekitarnya. Walaupun begitu biasanya ikan sapu sapu kebanyakan akan makan tumbuhan air atau alga. Untuk itulah ada beberapa jenis ikan sapu sapu yang dijadikan pembersih di aquarium.

Banyak varian ikan sapu sapu yang ada diaekitar kita hingga sulit untuk diketahui ada berapa jenisnya.

Salah satu kelebihan ikan sapu sapu adalah memiliki dua alat pernafasan yaitu insang dan labirin. Pada insang dipakai pada kondisi air yang jernih. Sedangkan labirin dipakai pada kondisi air yang kotor dan juga berlumpur. Untuk itulah ikan sapu sapu banyak kita jumpai mampu hidup dilingkungan yang tercemar sekalipun seperti kali ciliwung contohnya.

Mudah beradaptasi pada lingkungan yang kotor dan tercemar serta mudahnya ikan sapu sapu dalam berkembang biak menjadikan ikan sapu sapu ini populasinya berlebih. Dan Hal inilah yang dipakai oleh oknum pedagang siomay nakal yang membuat bahan dahangannya dari bahan ikan sapu sapu yang memang melimpah disekitar sungai ciliwung.

Cegah demam berdarah dengan 5 langkah mudah ini

Pada dasarnya ikan sapu sapu merupakan ikan yang layak untuk dikonsumsi namun harus dapat memenuhi syarat tertentu. Sedangkan yang terjadi adalah para pedagang mengambil ikan sapu sapu yang berasal dari kali ciliwung yang tercemar.

Ikan sapu sapu yang berasal dari kali ciliwung banyak mengandung bahan kimia serta logam berat karena memakan ikan kecil serta alga yang memang sudah terpapar logam  berat disungai tersebut. Dan hal inilah yang akan menimbulkan masalah kesehatan bagi mereka yang memakannya dikemudian hari.

Diketahui logam berat yang masuk ketubuh bersama makanan yang kita akan akan mempengaruhi tubuh kita. Sehingga akan meningkatkan resiko penyakit kangker dan penyakit berbahaya lainnya terjadi pada kita.

Manfaat minum jeruk lemon dipagi hari bagi kesehatan tubuh kita

Sedangkan ikan sapu dikatakan layak dikonsumsi adalah ikan sapu sapu yang didapat dari hasil budidaya sendiri dengan makanan ikan dan bukan ikan liar yang memakan sampah yang mengandung logam berat.

Cara membedakan siomay yang terbuat dari ikan tenggiri dan ikan sapu sapu sebenarnya sangatlah mudah. Siomay yang terbuat dari ikan tenggiri akan terasa kenyal dan wangi gurih saat dibuka dari tutup panci. Sedangkan siomay yang terbuat dari ikan sapu sapu memiliki bau amis serta teksturnya lembek ketika dibuka dari tutup panci.

No comments:

Post a Comment