Benarkah Mendengarkan Musik Saat Hamil Bikin Bayi Cerdas..???


Bunda pasti pernah mendengar jika bayi didalam kandungan bunda bisa mendengarkan suara. Dan bahkan ada yang bilang ada jenis musik tertentu yang katanya bisa membuat bayi cerdas sejak dalam kandungan. Apakah semuanya itu benar, mari kita bahas dalam artikel ini.

Setiap ibu hamil pasti ingin memiliki anak yang cerdas dan juga sehat. Beragam tips dan saran dilakukan oleh bunda agar bayi yang dikandung bunda nantinya menjadi anak yang cerdas dan pintar. Salah satu cara agar bayi menjadi pintar bahkan sejak dalam kandungan adalah dengan menggunakan rangsangan musik untuk mengolah pikiran bayi didalam kandungan

Kapan waktu yang tepat untuk USG ketika hamil

Musik bisa membuat bayi cerdas sampai saat ini masih belum bisa dijelaskan oleh medis. Namun fakta yang pasti adalah ketika bayi memasuki usia trimester kedua kehamilan, bayi sudah bisa mendengar. Bayi didalam kandungan biasa mendengar suara detak jantung ibu, suara pernafasan ibu, suara pencernaan ibu dan juga suara dari ibu sendiri. Selain itu, bayi didalam kandungan juga bisa mendengar suara atau bunyi dari luar tubuh ibu.

Ibu yang mendengarkan musik dan merasa nyaman akan melepaskan hormon estrogen yang juga akan membuat bayi menjadi tenang. Hal ini yang dianggap akan melatih perkembangan otak bayi nantinya.

Yang perlu diketahui tidak semua musik bisa membuat bayi menjadi cerdas. Ada yang bilang musik klasik, atau musik yang slow bisa membuat bayi tenang. Namun faktanya musik yang bagus untuk perkembangan bayi adalah musik yang disukai oleh si ibu. Hal ini karena jika ibu nyaman memdengarkan musik yang disukainya maka bayi juga akan merasa nyaman.

Tips menjaga kehamilan tetap sehat

Lantas bagaimana cara mendengarkan musik yang benar...???

Jika kita sering melihat, ibu ibu yang ingin bayinya cerdas biasanya akan menyalakan mp3 yang disambung dengan headset dan menempelkannya diperut bunda agar bayi bisa mendengar suara tersebut. Dan tak jarang bunda mengencangkan volumenya. Ternyata hal ini bisa menjadi kesalahan bagi bunda. Cara mendengarkan musik yang baik untuk perkembangan bayi didalam kandungan adalah dengan menyalakan musik tersebut secara normal tanpa harus mengencangkan atau menggunakan headset. Musik yang terlalu keras akan membuat bayi menjadi stres dan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan bayi seperti bayi lahir premature, gangguan gendang telinga bayi, bahkan bayi bisa lahir dengan berat badan yang kurang.

Selain itu bahaya radiasi dari headset yang didekatkan pada perut bunda bisa mengeluarkan radiasi yang beresiko menggangu perkembangan janin didalam kandungan bunda.

5 hal yang aman dilakukan oleh ibu hamil

Reaksi bayi didalam kandungan ketika mendengarkan musik sangatlah beragam, mulai dari merubah posisi, bergerak, hingga menendang. Hal tersebut menandakan jika perkembangan bayi sangat bagus dan bayi bisa merespon rangsangan suara dari musik tersebut.

Demikian bunda, sedikit informasi dari klinik keperawatan tentang mendengarkan musik yang bisa membuat bayi menjadi cerdas. Semoga dapat menambah wawasan bagi bunda. 

No comments:

Post a Comment