Menghitung Tinggi Dan Rendahnya Kadar Gula Darah Dalam Tubuh Dan Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Gula darah dalam tubuh kita akan naik turun tergantung apa yang kita konsumsi serta aktifitas apa yang kita lakukan. Namun kadar gula darah dikatakan normal apabila kadar gula darah masih dalam rentan hitungan normal menurut medis.

Gula darah dalam tubuh kita berfungsi untuk kinerja metabolisme dalam tubuh kita. Gula darah akan disuplai keseluruh tubuh untuk menjadi energi bagi tubuh kita. Namun dalam beberapa kasus yang terjadi adalah adanya kadar gula darah yang terlalu tinggi atau melehihi ambang normal dan kadar gula darah yang kurang dari ambang normal. Hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh kita, baik itu masalah kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang.

Cara mengetahui kadar gula darah

Untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh kita, kita bisa melakukan test sesuai dengan instruksi dokter. Ada beberapa jenis test gula darah, antara lain:

Bahaya kesehatan dibalik nikmatnya kopi sachet

1. Test gula darah puasa

Test gula darah puasa biasanya dilakukan oleh dokter untuk mendiagnosa pradiabetes dan diabetes. Test gula darah puasa mengharuskan anda untuk melakukan puasa terlebih dahulu, atau 8 jam sebelum pemeriksaan gula darah tidak mengkonsumsi makanan apapun. Normalnya kadar gula darah puasa adalah dibawah 150 mg/DL.

2. test gula darah 2 jam setelah makan

Pada test gula darah setelah makan biasanya dilakukan setelah pemeriksaan gula darah puasa. Biasanya setelah melakukan pemeriksaan gula darah puasa, dokter akan menyarankan untuk makan dahulu setelah itu jarak dua jam kemudian akan dilakukan pengambilan darah lagi untuk mengetahui kadar gula darah 2 jam setelah makan. Ambang normal dari gula darah 2 jam setelah makan adalah dibawah 200 mg/Dl.

3. Test gula darah acak

Test gula darah acak ini berbeda dengan test gula darah diatas. Pada test gula darah acak tidak memerlukan persiapan terlebih dahulu karena tidak memerlukan puasa atau makan makanan tertentu terlebih dahulu. Kadar gula darah pada dasarnya bervariasi tergantung pada jenis makanan yang dimakan sebelumnya. Namun pada orang normal kadar gula cenderung masih dalam ukuran yang normal walaupun makan makanan apapun. Test gula darah acak ini bisa dilakukan dimana saja baik dirumah maupun rumah sakit.

Hindari aktifitas ini agar terhindar dari penyakit stroke

4. Test toleransi glukosa oral ( TTGO)

Pada test toleransi glukosa oral hampir sama dengan test gula darah 2 jam setelah makan. Yang membedakan adalah pada si pasien akan diberikan glukosa dalam jumlah tertentu menurut perhitungan dokter, dan setelah 2 jam akan dilakukan pemeriksaan kadar gula dalam darah.

5. Test glikohemoglobin

Test glikohemoglobin atau test hemoglobin adalah test yang dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah dalam sel darah merah. Pada test glikohemoglobin dapat memberikan informasi tentang kadar gula dalam darah selama 2 sampai 3 bulan terakhir. Hal ini berfungsi untuk mempermudah dokter dalam memberikan pengobatan yang sesuai dengan yang dialami oleh pasien. Pada pemeriksaan ini, kita tidak perlu melakukan persiapan khusus sebelum test.

Setelah mengetahui hasil dari test kadar gula darah maka selanjutnya adalah mengkonsultasikan hasil pemeriksaan tadi ke dokter untuk menentukan bagaimana penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh kita.

Tips agar terlihat awet muda diusia 30 tahun keatas

Apa yang terjadi jika kadar gula darah kita tinggi..???

Kadar gula darah dikatakan tinggi atau naik jika gula darah diatas 200 mg/dl. Dalam keadaan ini kondisi tubuh akan mengalami hiperglikemi atau biasa disebut dengan diabetes.

Kadar gula tinggi bisa terjadi ketika kadar insulin dalam tubuh tidak cukup atau juga bisa terjadi ketika tubuh mengalami resistensi urine. Insulin merupakan hormon tubuh yang diproduksi oleh pankreas. Fungsi insulin sendiri adalah sebagai penyebabar gula dalam darah keseluruh tubuh agar gula darah diproses menjadi insulin. Kekurangan insulin dalam tubuh akan mengakibatkan penumpukan gula dalam darah.

Kondisi kadar gula darah yang naik bisa dipicu oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti stres, banyak makan, kurang olahraga. Jika sudah mengalami hiperglikemi maka sangat disarankan untuk rutin melakukan pengobatan baik itu minum obat diabetes maupun melakukan suntik insulin.

Jangan salah begini pertolongan pertama pada penderita angin duduk

Kondisi hiperglikemi ini juga bisa dipicu karena faktor lain, yaitu:

1. Stres
2. Mengkonsumsi obat steroid
3. Sedang menjalani operasi
4. Sedang mengalami penyakit tertentu
5. Orang normal yang sedang mengalami sakit berat juga bisa beresiko mengalami hiperglikemi

Kondisi tubuh yang mengalami hiperglikemi atau biasa disebut diabetes akan mengakibatkan gangguan kesehatan, antara lain:

1. Mudah lapar
2. Badan mudah lelah
3. Berat badan menurun
4. Sering merasakan haus
5. Sering buang air kecil

Tanda tanda diatas belum tentu dialami oleh semua penderita diabetes. Biasanya penderita diabetes akan merasakan satu atau lebih tanda tanda diatas.

Bahaya penyakit dibalik kaki yang kram dimalam hari

Dalam beberapa kasus yang terjadi, bagi mereka yanh mengalami peningkatan kadar gula darah yang melebihi 350 mg/dl akan merasakan tanda tanda seperti dibawah ini:

1. Merasa mudah gelisah
2. Mudah sekali haus
3. Kadang penglihatan tidak jelas
4. Sering pusing
5. Kesadaran menurun/ pingsan
6. Kulit nampak merah dan gatal kadang juga terasa panas
7. Mual mual
8. Kadang juga mengalami diare
9. Sakitpada gusi dan gigi
10. Osteoporosis
11. Gagal ginjal
12. Kaki bengkak

Jika kadar gula tinggi dibiarkan terus menerus tanpa segera diobati maka akan berdampak pada resiko ketoasidosis diabetik atau juga disebut sindrome diabetes hiperosmolar.

Pada penderita diabetes dengan kadar gula darah diatas 350 mg/dl sangat rentan mengalami infeksi. Beberapa resiko infeksi yang sering dialami penderita diabetes yaitu infeksi pada gusi dan gigi, alergi pada kulit sehingga kulit nampak merah dan gatal, osteoporosis, gagal ginjal ditandai dengan pembengkakan, kerusakan saraf, kebutaan, gangguan kardiovaskuler.

Bahaya begadang pada remaja yang jarang kita ketahui

Jika pada kadar gula darah tinggi bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, begitu juga pada kondisi dimana gula darah mengalami penurunan. Gula darah dikatakan mengalami penurunan atau kurang jika kadar gula darah kurang dari 70 mg/dl.

Lantas apa yang terjadi jika kadar gula darah kurang atau biasa disebut hipoglikemi..???

Hipoglikemi biasanya terjadi pada mereka yang mengalami diabetes. Hal ini dikarenakan penggunaan obat obatan diabetes dan mengalami efek samping. Jika penggunaan obat diabetes digunakan saat kadar gula tinggi dan ternyata justru penggunaan obat tersebut malah mengakibatkan gula darah menjadi kurang dan turun drastis.

Kasus hipoglikemi kebanyakan terjadi pada penderita diabetes melitus yang menggunakan insulin atau obat diabetes namun tidak diiringi dengan mengkonsumsi makanan atau malah tidak makan sama sekali. Hipoglikemi juga bisa disebabkan karena aktifitas olahraga yang terlalu tinggi sehingga membuat kadar gula darah menjadi turun.

Kebiasan yang disangka baik namun malah kurang baik bagi kesehatan

Hipoglikemi bukan saja terjadi pada mereka yang mengalami diabetes, namun juga bisa terjadi pada orang normal yang disebabkan oleh:

1. Terlalu sering mengkonsumsi alkohol
2. Mengalami gangguan kesehatan atau penyakit tertentu seperti anoreksia nervosa, tumor pada pankreas, hepatitis.
3. Kekurangan hormon tertentu
4. Menggunakan obat diabetes orang lain tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu

Ada beberapa tanda jika kondisi kita sedang mengalami hipoglikemi, antara lain:

1. Kulit nampak pucat
2. Berkeringat dingin
3. Merasa lapar
4. Merasa lelah
5. Jantung terasa berdebar
6. Merasa kesemutan diarea mulut
7. Gelisah
8. Mudah sekali marah

Bahaya begadang pada anak yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan

Jika kondisi semacam ini terus terjadi atau bahkan kadar gula darah turun hingga dibawah 40 mg/dl maka yang akan terjadi adalah:

1. Bicara menjadi melantur
2. Susah konsentrasi
3. Tidak kuat berdiri dan berjalan
4. Otot terasa berkedut
5. Kejang
6. Stroke
7. Koma
8. Meninggal

Yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan pengecekan kadar gula darah adalah mencatat tanggal test tersebut serta hasilnya. Dan ingat juga aktifitas apa saja yang kita lakukan dan makanan apa saja yang kita konsumsibsebelum melakukan test gula darah. Hal tersebut akan membantu kita untuk mengetahui dampak apa saja yang bisa mempengaruhi naik turunnya kadar gula darah kita.

Ini dampak buruk diet ekstrim pada penderita diabetes

Jika kadar gula darah kita dalam ambang normal, maka sebaiknya melakukan pengulangan test gula darah setiap 6 bulan sekali. Namun jika hasilnya naik atau kurang dari normal maka test gula darah berikutnya bisa dilakukan sewaktu waktu.

No comments:

Post a Comment