Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol


Bolehkah Ibu Hamil Makan Jengkol - Mendengar nama jengkol bagi sebagian dari kita akan menganggap jengkol itu makanan yang kurang disukai karena dapat menimbulkan bau yang kurang sedap baik itu bau mulut ataupun bau kencing. Namun ada sebagian orang yang sangat menggemari makanan ini, karena jengkol memiliki citarasa yang khas yang tidak bisa ditemukan dimakanan yang lain. 

Diindonesia sendiri jengkol biasa diolah menjadi rendang, disemur, dibalado, dll. Walaupun katanya jengkol itu rasanya nikmat namun kita tidak boleh makan jengkol terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan pada jengkol mengandung asam jengkolat yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan gangguan buang air kecil atau bahkan bisa berakibat keracunan asam jengkolat.
Bingung...!!! Melahirkan dibantu bidan atau dokter kandungan.
Disamping baunya yang khas, ternyata jengkol memiliki manfaat bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan yang kita alami, bahkan bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang biasa dialami oleh ibu hamil, namun tentunya jika dikonsumsi secara wajar.

Berikut beberapa manfaat jika ibu hamil mengkonsumsi jengkol:

1. mengatasi sembelit

jika ibu hamil terkadang memiliki masalah sembelit atau susah buang air besar karena pengaruh kehamilan, hal ini bisa sedikit diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. Jengkol mengandung serat ynag tinggi yang bisa membantu mengatasi sembelit.

2. mencegah anemia

Masalah anemia merupakan masalah yang serius harus ditangani oleh ibu hamil. Karena anemia dapat mengakibatkan bayi mengalami kekurangan nutrisi yang bisa berakibat bayi lahir premature atau bahkan menjadi anak yang stunting. Anemia pada ibu hamil bisa dikurangi resikonya dengan mengkonsumsi jengkol saat hamil. Karens pada 100 gr jengkol mengandung 4,7 gram zat besi.
Tips menjaga kehamilan tetap sehat
3. tinggi kalsium

Pada saat kehamilan seorang wanita sangat memerlukan asupan tinggi kalsium karena pada saat hamil asupan kalsium pada ibu akan dibagi untuk ibu dan bayi juga. Jika ibu hamil kurang mengkonsumsi kalsium akan mengakibatkan ibu mengalami osteoporosis dan pada bayi juga akan mengalami gangguan pertumbuhan tulang dan gigi. Sedangkan pada jengkol mengandung kalsium yang tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

No comments:

Post a Comment