Banyak Makan Namun Tubuh Tetap Kurus Mungkin Ini Penyebabnya

  • Script Iklan di sini

    Banyak Makan Namun Tubuh Tetap Kurus Mungkin Ini Penyebabnya - sering kita lihat disekitar kita, atau kita sendiri yang mengalami dimana terkadang adaa orang yang makannya banyak namun susah sekali gemuk atau bahkan cenderung mudah untuk kurus. dan sebaliknya ada pula yang makannya sedikit atau pas pasan namun tubuhnya mudah sekali gemuk. hal ini mungkin akan membingungkan buat kita. bagaimana banyak makan namun tetap kurus...???

    tubuh kurus atau gemuk bisa jadi dipengaruhi oleh banyak faktor. berikut 3 faktor yang mempengaruhi orang yang makannya banyak namun susah sekali untuk gemuk:

    1.faktor genetika

    dokter pakar diet Phhaidon L Toruan mengatakan bahwa faktor genetika sangat berperan dalam bentuk tubuh seseorang selain faktor makanan. ada 3 sifat genetika yang mempengaruhi bentuk tubuh seseorang, yaitu ectomorf, endomorf, dan mesomorf.

    ectomorf adalah kondisi dimana seseorang dilahirkan kurus dan semakin bertambah dewasa tetap kurus walau mengkonsumsi banyak makanan. orang yang banyak makan namun tetap kurus atau susah sekali untuk gemuk maka orang tersebut masuk dalam kategori ectomorf. orang yang masuk dalam ectomorf perlu mengkonsumsi kalori yang lebih dan gizi seimbang dan mengkonsumsi protein lebih untuk pembentukan ototnya.

    faktor genetik pembentuk tubuh yang kedua ada endomorf. atau faktor genetik yang cenderung untuk gemuk. sejak kecil orang dengan genetik endomorf akan nampak gemuk ketika kecil walau asupan makanannya sama dengan orang pada umumnya. dan seiring bertambah usia maka ia akan semakin gemuk.

    dan faktor genetika yang ketiga adalah mesomorf atau orang yang dari kecil memiliki genetika kekar. sejak kecil dia nampak berotot, hingga dewasa ia akan seperti binaraga walaupun tanpa berolah raga.

    2. kondisi stres

    para pakar kesehatan berpendapat bahwa faktor psikologi sangat berpengaruh terhadap kondisi berat badan selain faktor makanan. seperti contohnya saat orang dalam kondisi stres maka ia akan malas makan, atau terkadang mereka akan cenderung mengkonsumsi banyak makanan namun dengan asupan gizi yang rendah.

    3. tanda tubuh sedang kurang sehat

    pengaruh berat badan juga bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang sehat. sebagai contoh orang yang menderita penyakit tertentu akan susah sekali gemuk. dalam hal ini nutrisi yang dikonsumsi tidak menjadi otot atau lemak, namun akan menjadi energi untuk meningkatkan sistem imun yang melawan infeksi penyakit tersebut. sebagai contoh penyakit yang susah sekali penderitanya untuk gemuk adalah TBC, HIV/AIDS, Dll.

    dari ketiga gambaran diatas sebenarnya masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi berat badan, seperti kemampuan usus menyerap sari makanan dan sebagainya.

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016