Hindari Aktifitas Ini Untuk Menghindari Penyakit Stroke

  • Script Iklan di sini

    Hindari Aktifitas Ini Untuk Menghindari Penyakit Stroke - stroke sampai saat ini masih menjadi momok bagi sebagian orang. pola hidup yang tidak sehat hingga aktifitas harian dapat memicu resiko seseorang terkena stroke.

    stroke merupakan penyakit yang menyerang pada pembuluk darah, dimana pembuluh darah akan tersumbat ataupun pecah karena hal hal tertentu. ada beberapa penyakit tertentu yang dapat membuat penderitanya beresiko tinggi terkena stroke seperti kolesterol tinggi, maupun hipertensi. serangan penyakit stroke yang secara tiba tiba biasanya membuat si penderita lambat mendapat pertolongan dan bahkan bisa berakibat pada kematian.

    ada beberapa kebiasaan sehari hari yang sangat beresiko mengakibatkan penyakit stroke antara lain:

    1. pola makan yang tidak sehat

    salah satu penyebab terjadinya serangan stroke adalah karena tersumbatnya pembuluh darah oleh plak yang ada dipembuluh darah. plak kebanyakan berasal dari kolesterol tinggi, diabetes, dan darah tinggi. rata rata penyakit tersebut disebabkan karena pola makan kita yang kurang sehat. terlalj banyak mengkonsumsi lemak, gula, dll. untuk itu ada baiknya bagi kita yang berusia lebih dari 30 tahun untuk menjaga pola makan kita dengan pola makan yang sehat dan perbanyak makan buah dan sayur.

    2. kurang gerak

    salah satu masalah kesehatan yang terjadi di indonesia saat ini kebanyakan disebabkan karena kurangnya gerak. kurang gerak biasanya disebabkan karena pekerjaan yang banyak duduk maupun karena kita yang sering pegang hp sehingga males beraktifitas dan malas untuk berolahraga. malas gerak menjadikan tubuh kita rentan terjadi penumpukan sisa makanan yang tidak dipakai yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi dan obesitas. dari sekian penyakit tersebut secara tidak langsung kurang gerak bisa memicu terjadinya resiko serangan stroke.

    3. kurang faham pentingnya menjaga berat badan ideal

    banyak diantara kita yang belum faham tentang pentingnya menjaga berat badan agar selalu ideal. berat badan ideal sangat berhubungan dengan penyakit yang kita derita. bila kita tidak bisa mengontrol berat badan kita maka resiko penyakit akan menghampiri kita salah satunya adalah jantung dan stroke.

    4. minum minuman beralkohol

    salah satu penyebab stroke adalah meminum minuman beralkohol. alkohol akan memicu peningkatan tekanan darah kita sehingga beresiko terjadinya serangan stroke lebih tinggi.

    5. merokok

    merokok dapat mempercepat seseorang beresiko terserang suatu penyakit. ada lebih dari 4000 zat kimia yang terkandung dari sebatang rokok. merokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah karena pembuluh darah yang kehilangan elastisannya karena plak dari zat kimia pada rokok. selain itu plak pada pembuluh darah juga beresiki pecah yang dapat berakibat pada serangan stroke mendadak.

    6. stres

    salah satu penyebab dari stroke adalah tekanan darah yang meningkat. salah satu penyebab dari meningkatnya tekanan darah adalah karena stres. jadi sangat mungkin seseorang bisa terkena stroke karena stres.

    7. terjatuh

    salah satu penyebab stroke karena pembuluh darah yang pecah dikarenakan jatuh atau kecelakaan. banyak serangan stroke yang berawal dari jatuh di kamar mandi dan pembuluh darah pecah. untuk itu penting bagi kita selalu membuat lingkungan sekitar rumah aman agar resiko stroke juga bisa diminimalisir.

    stroke pada dasarnya bisa kita cegah. menjaga pola makan dan aktifitas kita akan dapat mengontrol kondisi kesehatan tubuh kita.

    Baca juga:

    Tingginya resiko penyakit tidak menular akibat asap rokok
    Mengetahui kandungan zat berbahaya dari sebatang rokok
    Benarkah mandi setelah begadang dapat menyebabkan kematian..???

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2016