Kenali Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Jika selama ini kita mungkin mengenal biji ketumbar sebagai salah satu bahan masakan yang biasa kita temui di dapur. Ketumbar yang merupakan bahan masakan ini selain bermanfaat untuk bahan masakan, ternyata ketumbar memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Ketumbar yang bentuknya seperti biji biji kecil yang kering dan berwarna putih ini biasanya akan ditumbuk hingga menjadi serbuk dan dijadikan salah satu bahan masakan. Biji ketumbar yang kering biasanya bisa bertahan 1-2 tahun dalam wadah yang kedap udara, sedangkan bubuk ketumbar mampu bertahan 6 bulan.

Baca: dampak merokok dan bahayanya bagi kesehatan kita

Dari segi kandungan nutrisinya, ketumbar mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti 30 kalori, 1,8 gram protein, 5,6 gram karbohidrat, 4 gram serat. Dengan mengkonsumsi ketumbar dalam bahan makanan setiap hari akan dapat memenuhi kebutuhan harian kita seperti 8% kalsium, 10 persen zat besi, 4 persen vitamin C, dan 68 persen vitamin K.

Selama ini banyak sekali penelitian yang dilakukan oleh ilmuan untuk mengetahui manfaat ketumbar bagi kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan kita sehari hari:

1. Manfaat ketumbar untuk pencegahan kangker

Ketumbar dapat menghambat pembentukan heterocyclic amine ( HCA) yang muncul pada daging ketika dimasak. Hal ini sangatlah penting bagi kesehatan, karena HCA sendiri sering dihubungkan dengan resiko peningkatan penyakit kangker. HCA merupakan senyawa kimia yang akan muncul ketika kita merebus daging.

Baca: Manfaat rebung atau daun muda untuk kesehatan

2. Manfaat ketumbar untuk kesehatan pencernaan

Ketumbar dipercaya dapat menjaga kesehatan organ pencernaan kita seperti mengurangi sakit perut, konstipasi, cacingan,  tidak nafsu makan, mual, kram usus, dan sering buang gas. Manfaat ketumbar juga bisa mencegah penyakit hernia. Bahkan ada beberapa penderita asam lambung yang melakukan terapi dengan mengkonsumsi ketumbar karena manfaat lain mengkonsumsi ketumbar dipercaya dapat mengobati asam lambung yang naik.

3. ketumbar untuk asam urat

Banyaknya manfaat dari ketumbar sudah tidak diragukan lagi, bahkan ada yang menyatakan jika ketumbar bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit asam urat.

Selain 3 khasiat lain dari ketumbar diatas, masih banyak lagi manfaat dari ketumbar bagi kesehatan tubuh kita seperti ketumbar untuk mengobati sakit gigi, njeri otot, ambeien, infeksi bakteri, dan juga bisa digunakan ibu yang baru melahirkan untuk melancarkan ASI.
Belum

Baca: awas perhatikan ini sebelum mengkonsumsi ikan sapu sapu

Selain segudang manfaat ketumbar bagi kesehatan, ternyata mengkonsumsi ketumbar tidak boleh sembarangan karena ketumbar juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita. Pada orang orang tertentu yang memiliki riwayat alergi bisa jadi akan mengalami alergi akibat makan ketumbar. Ketumbar juga bisa meningkatkatkan daya sensitivitas terhadap sinar matahari, sehingga akan meningkatkan resiko kangker kulit dan mudah terbakar.

Pada kasus tertentu ketumbar juga bisa mengakibatkan peradangan serta iritasi kulit.

Dampak negatif lainnya pada ketumbar adalah bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini sebenarnya baik digunakan pada mereka yang memang memiliki riwayat diabetes atau gula darah tinggi. Namun dari beberapa kasus, mereka yang meminum obat diabetes juga mengkonsumsi ketumbar sehingga akan mengakibatkan hipoglikemi. Hipoglikemi merupakan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan kadar gula darah. Dan hal ini bisa sangat berbahaya bagi penderitanya.

Baca: 5 tips kesehatan yang salah kaprah namun sering kita percaya

Selain itu ketumbar juga memiliki dampak menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi ketumbar bagi mereka yanh menderita darah tinggi memang bagus. Namun yang perlu diingat bagi penderita tekanan darah tinggi jangan mengkonsumsi ketumbar dengan obat penurun tekanan darah. Hal ini akan membuat darah mengalami penurunan drastis dan bisa menyebabkan hipotensi.

Untuk itu penting pula bagi kita mengetahui bagaimana mengkonsumsi ketumbar yang aman bagi tubuh kita.

Pada intinya tidak ada dosis secara umum bagi mereka yang mengkonsumsi ketumbar untuk pengobatan. Namun dalam penggunaannya ketumbar bisa ditumbuh atau dijadikan bubuk dan diseduh dengan air hangat.

Tidak ada dosis pasti namun ada baiknya bagi anda untuk mengkonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi ketumbar sebagai obat herbal untuk penyakit.

No comments:

Post a Comment