Contoh Susunan Menu Empat Sehat Lima Sempurna

  • Script Iklan di sini

    Jika kalian anak yang lahir pada tahun 90an, pastinya kalian akan sering mendengar slogan tentang pentingnya 4 sehat 5 sempurna yang sering diinformasikan dimasyarakat. Baik itu melalui media massa maupun mata pelajaran disekolah. Empat sehat lima sempurna dulu dicanangkan dalam program pemerintah untuk menjelaskan pentingnya asupan nutrisi pada masyarakat kala itu.

    Menu 4 sehat 5 sempurna terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur, buah, serta susu sebagai penyempurna menunya. Dan berikut contoh menu dari empat sehat lima sempurna:

    1. Makanan Pokok

    Yang pertama dalam menu 4 sehat lima sempurna adalah makanan pokok yang berfungsi sebagai energi dalam melakukan kegiatan sehari hari. Menu pokok bisa berbeda ditiap daerah. Menu pokok bisa berupa nasi, kentang, jagung, gandum, umbi umbian, dll. Yang pada intinya mengandung karbohidrat untuk diubah menjadi energi.

    2. Lauk pauk

    Lauk pauk dalam empat sehat lima sempurna berperan sebagai pemenuhan kebutuhan serta zat pembangun. Lauk pauk bisa berupa tahu, tempe, ikan, telur, daging, dll.

    3. Sayur mayur

    Sayur mayur berperan dalam pemenuhan kebutuhan zat pengatur dalam tubuh . Contoh menu sayur mayur adalah kangkung, bayam, tomat, cabe, dll.

    4. Buah buahan

    Buah buahan dalam 4 sehat 5 sempurna memiliki peran yang hampit sama dengan sayur mayur yaitu sebagai zat pengatur dalam tubuh. Buah buahan bisa terdiri dari jambu, pepaya, salak, dll.

    5. Susu

    Susu dalam menu empat sehat lima sempurna berperan dalam penyempurna menu. Artinya tidak ada keharusan mengkonsumsi susu setelah makan. Namun akan lebih sempurna mengkonsumsi susu setelah makan karena dalam susu mengandung beragam zat yang sangat bagus untuk tubuh kita.

    Baca:

    Manfaat minum air putih ketika perut masih kosong
    Awas gaya hidup yang salah bisa membuat kolesterol tinggi serta serangan jantung
    Ini bahaya minum kopi dipagi hari sebelum sarapan

    Sekian informasi dari Klinik Keperawatan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

    1 komentar:


    Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

     
    Copyright © 2016