Tips Menangani Bayi Yang Badannya Panas Secara Mandiri


Hai bunda... bila mengalami anak kita dalam kondisi badannya panas, bunda pasti akan sangat khawatir atau bahkan binggung apa yang harus dilakukan untuk memberikan pertolongan pada anak kita yang badannya panas. Untuk itu, klinik keperawatan akan berbagi sedikit tips memberikan pertolongan pertama pada bayi yang suhu badannya tinggi.

Yang pertama yang harus kita ketahui adalah suhu normal tubuh manusia itu berapa sih...

suhu normal tubuh manusia itu antara 36,5 sampai 37,5. Dan jika si kecil mengalami peningkatan suhu lebih dari normal maka bisa dikatakan si kecil mengalami demam.

Benarkah saat hamil dilarang memelihara kucing

Jika si kecil mengalami demam maka pertolongan pertama yang bisa kita lakukan sebelum kedokter dan bisa kita lakukan dirumah adalah sebagai berikut.

1. Beri minum yang banyak

Beberapa kasus, penyebab bayi mengalami panas dikarenakan kondisi si kecil yang mengalami dehidrasi. Dehidrasi biasa disebabkan karena banyak faktor seperti cuaca panas, bayi yang aktif hingga kurangnya minum. Untuk itu langkah pertama yang bisa bunda lakukan adalah dengan memberi minum yang banyak, baik itu air putih maupun susu agar kebutuhan cairan si kecil dapat terpenuhi.

2. Penuhi asupan nutrisi

Hal berikutnya yang bisa bunda lakukan adalah memberikan makan yang banyak pada si kecil agar kebutuhan nutrisi si kecil tetap terpenuhi.

3. Kompres

Jika suhu tubuh si kecil diatas 38 derajat maka bunda bisa memberikan kompres pada area dada, ketiak serta kepala agar suhu tubuhnya cepat turun.

Mari kenali gejala stunting pada anak

4. Beri obat penurun panas

Jika memang perlu pemberian obat penurun panas, bunda bisa memberikan obat penurun panas agar suhu tubuh si kecil cepat turun.

Demikian pertolongan pertama yang bisa bunda berikan jika si kecil badannya panas. Dan jika panas nya masih belum juga turun, bunda bisa langsung membawa si kecil ke dokter agar diberikan pertolongan. Sekian informasi dari klinik keperawatan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment