Penyebab Serta Ciri Ciri Kanker Payudara


Kanker payudara merupakan momok bagi para wanita. Baik itu remaja putri hingga wanita dewasa. Banyak kasus kanker payudara yang bisa menyerang pada semua kalangan umur dan umumnya bisa meninggal jika terlambat dalam memberikan penanganan medis

Bahaya menelan sperma ketika oral seks bisa menyebabkan penyakit ini

Penyebab kanker payudara pada umumnya sering dikaitkan dengan aktifitas yang kita lakukan sehari hari, mulai dari apa yang kita makan hingga gaya hidup kita.

Ada beberapa faktor resiko dan penyebab kanker payudara antara lain:

1. Faktor keturunan

Yang pertama yang membuat seseorang beresiko terkena kanker adalah karena adanya riwayat kanker dalam keluarganya. Hal ini dikarenakan adanya faktor resiko kanker yang dibawa oleh genetik.

Sebagai contoh dalam keluarga ada yang menderita kanker maka kemungkinan besar gen pembawa sifat kanker tersebut juga diturunkan pada keturunannya.

2. Faktor makanan

Ada pula penyebab kanker payudara karena faktor makanan yang kita konsumsi sehari hari. Makanan yang sering dikaitkan sebagai penyebab kanker adalah makanan yang mengandung bahan makanan berbahaya seperti pemanis buatan, penyedap rasa buatan, pengenyal makanan berbahaya, pewarna makanan tekstil.

Awas muncul tahi lalat secara tiba tiba bisa jadi tanda kanker kulit

Bahan bahan berbahaya tersebut bila ditambahkan dalam makanan dan jika makanan tersebut dikonsumsi dan ternyata bahan tersebut mengendap dalam tubuh maka akan beresiko memicu munculnya sel sel keganasan seperti kanker.

Untuk itulah saat ini bahan makanan berbahaya seperti boraks, rodamin B, dll dilarang penggunaan dan peredarannya karena beresiko besar pada munculnya sel kanker.

3. Gaya hidup

Yang tidak kalah berbahayanya karena dapat memicu munculnya sel kanker adalah gaya hidup yang kurang sehat yang kita lakukan sehari hari. Seperti penggunaan AC, radiasi elektronik, hingga pengering pakaian dalam mesin cuci ternyata juga bisa memicu timbulnya faktor resiko kanker dalam tubuh kita.

Resiko kanker lebih banyak pada wanita, dan pada laki laki dikarenakan faktor merokok

4. Virus

Salah satu terobosan dari peneliti kanker payudara baru baru ini menemukan fakta baru. Dimana salah satu penyebab kanker payudara adalah virus. Virus EBV (Epstein-Barr Virus) yang merupakan kerabat dari virus herpes ini disinyalir merupakan penyebab kanker payudara. Virus EBV dikaitkan dengan munculnya kanker lain seperti limfoma Burkitt Afrika (sejenis kanker limfatik), penyakit Hodgkin (sejenis kanker darah), karsinoma nasofaring (sejenis kanker leher langka), adenokarsinoma lambung (sejenis kanker perut), dan leiomyosarcoma (tumor otot
polos).

Virus EBV dapat menular melalui cairan ludah dan kelamin. Virus ini dapat mengubah karakter sel punca, sehingga terus memerbanyak diri, seperti halnya sel kanker. Dan virus ini juga menurunkan daya tahan tubuh dalam melawan keganasan.

Beberapa alasan yang membuat kita ingin merokok

Ciri ciri kanker payudara

Ada beberapa ciri dari adanya gejala kanker payudara selain munculnya benjolan disekitar payudara. Berikut beberapa ciri dari kanker payudara:

1. Adanya benjolan di payudara

Salah satu ciri kanker payudara yang mudah kita deteksi dan lihat adalah adanya benjolan pada sekitar payudara. Benjolan tersebut dapat kita rasakan ketika kita menekan payudara atau ketika kita melakukan SADARI ( Sadar Payudara Sendiri) yang merupakan cara yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bila kita lakukan pemeriksaan payudara seperti SADARI maka kita akan merasakan benjolan dipayudara.

Pada payudara yang normal jika kita raba maka kita akan menemukan 1 benjolan normal yaitu kantong susu yang berfungsi untuk menampung ASI. namun jika kita menemukan benjolan lain dan ada rasa nyeri ketika dipegang maka kita wajib curiga dan memeriksakannya kedokter.

2. Adanya perubahan bentuk dan ukuran

Ciri kanker payudara yang kedua adalah adanya bentuk dan ukuran yang berubah secara drastis. Pada normalnya bentuk dan ukuran payudara setiap orang berbeda beda. Bahkan antara payudara kiri dan kanan juga bisa berbeda. Namun dalam hal ini yang dikatakan ciri dari kanker payudara adalah adanya perubahan bentuk yang tidak sesuai anatomi payudara. Atau juga perubahan ukuran payudara yang makin membesar dengan cepat. Hal ini bisa jadi tanda awal dari kanker payudara.

Bahaya kesehatan dibalik nikmatnya kopi sachet

3. Adanya tanda kulit iritasi

Kanker pada payudara bisa terjadi didalam payudara yang akan berakibat pada peradangan disekitar ligamen dan kulit. Apabila hal ini terjadi maka akan terjadi penarikan kedalam yang mengakibatkan iritasi serta peradangan disekitar payudara. Biasanya iritasi ini akan nampak pada area sekitar ketiak.

4. Adanya puting yang tertarik kedalam

Pada wanita normal ada yang memiliki puting yang menonjol keluar dan adapula yang putingnya masuk kedalam. Namun hal ini bisa menjadi pertanda dari kanker payudara jika pada awalnya puting yang nampak keluar namun tiba tiba tertatik kedalam.

Puting yang tertarik kedalam ini dikarenakan kanker yang berpusat dipayudara mengakibatkan saluran susu memendek dan menarik puting masuk kedalam. Ciri ini dapat terlihat jelas ketika mengangkat tangan keatas.

Tingginya resiko penyakit tidak menular akibat asap rokok

5. Adanya kemerahan disekitar payudara

Tanda kanker payudara yang bisa muncul adalah adanya tanda kulit yang memerah atau berbintik merah dan akan terasa hangat jika dipegang. Hal ini menandakan jika ada inflamasi didalam payudara. Dan ini juga menandakan adanya kangker payudara yang agresif dan langka.

6. Payudara atau puting terasa sakit

Adanya inflamasi atau infeksi pada payudara akan menimbulkan rasa nyeri ada area puting atau juga pada payudara. Hal ini bisa jadi merupakan tanda dari kanker payudara. Jika menemukan tanda seperti ini segeralah berkonsultasi kedokter bedah untuk pemerisaan dan penanganan lebih lanjut lagi.

Cara penanganan kanker payudara

Pada dasarnya kanker payudara bisa dideteksi lebih awal dengan melakukan SADARI. Pemeriksaan payudara sendiri ini bisa dilakukan ketika sedang mandi. Jika ditemukan benjolan atau rasa nyeri ketika dipegang maka kita bisa segera memeriksakannya ke dokter. Penanganan kanker payudara yang lebih cepat akan lebih baik. Mengingat kanker payudara bisa semakin parah dan bisa menyebar.

Bahaya kesehatan dibalik nikmatnya rokok elektrik/ VAPE

Jika ternyata ditemukan sel keganasan dalam payudara biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pengangkatan sel ganas tersebut dengan cara operasi. Namun jika sel kanker sudah menyebar maka salah satu jalan adalah dengan melakukan kemoterapi.

1 comment:

  1. Hobi main Game Poker Online? Ceme, Domino atau jadi Bandar Ceme? Ayo segera daftar di Situs Resmi Poker Online Indonesia | KacangMasPoker | www.kacangmaspoker.club . Dapatkan Jackpot hingga Jutaan rupiah setiap harinya.

    • Bonus New Member & Next Deposit s/d Rp. 1.000.000,-
    • Extra Bonus Jackpot Rp. 300.000,-
    • Bonus Deposit Mingguan Rp. 100.000,-
    • Bonus TurnOver 0,5%
    • Bonus Referral 10%

    # LINE : kcmpoker
    # BBM : kcmpoker
    # WhatsApp : +6281371207751
    # Twitter : kcm__poker
    # IG : kcm_p0ker

    • 7 Games dalam 1 ID
    | Texas Poker | Capsa Susun | Ceme | Domino QQ | Ceme Keliling | Super 10 | Omaha |

    • Proses Deposit & Withdraw yang cepat dan mudah melalui BCA - BNI - BRI - CIMB Niaga - Danamon - Mandiri, Go-Pay, Ovo & Pulsa Telkomsel / XL selama 24 jam setiap harinya.

    Agen Poker Terpercaya
    Situs Judi Online
    IDN Poker
    Poker Online Indonesia
    Agen Poker Terbaik
    Kabar Berita
    Berita Selebritis
    Cerita Dewasa

    ReplyDelete