Fakta Atau Mitos Bahwa Tersedak Itu Bisa Menimbulkan Kematian ...???

dalam kehidupan sehari hari mungkin kita pernah melihat orang tersedak, atau bahkan kita sering mengalami tersedak itu sendiri. tersedak sendiri sering dikaitkan dengan aktifitas makan kita yang terlalu cepat atau berbicara saat makan.
tersedak sendiri pada dasarnya terjadi akibat makanan yang masuk ke saluran nafas. kok bisa...???
 Baca : Cara yang benar menolong bayi tersedak
pada dasarnya pada tenggorokan kita sebenarnya terdapat 2 saluran. yaitu saluran nafas dan saluran pencernaan. kedua saluran tersebut dipisahkan oleh sebuah katup yang bernama epiglotis. pada saat kita makan maka epiglotis akan menutupi saluran pernafasan sehingga makanan masuk ke dalam rongga pencernaan dan tidak masuk kedalam pernafasan. sedangkan saat kita bernafas maka katup epiglotis akan menutupi saluran pencernaan sehingga udara masuk ke dalam paru paru.
lalu bagaimana kalau tersedak....????
baca: pertolongan pertama apabila kita tersedak
tersedak sendiri terjadi apabila kita makan terlalu cepat dan tidak ada jeda untuk bernafas. maka saluran epiglotis secara reflek akan membuka saluran nafas sehingga makanan akan masuk ke saluran nafas yang mengakibatkan tersedak. atau mungkin saat kita makan sambil bicara maka katup epiglotis akan membuka menutup jadinya makanan juga bisa masuk ke dalam saluran nafas.
tersedak sendiri merupakan adaptasi dari tubuh kita untuk mengeluarkan makanan yang ada pada saluran nafas.
baca:ini penjelasan tersedak dapat mengakibatkan kematian
tersedak yang terlalu lama bisa juga mengakibatkan kesalahan yang fatal,yaitu kematian. hal ini terjadi apabila saluran nafas tertutup oleh makanan selama 4 menit. maka kebutuhan oksigen pada otak akan berkurang dan dapat mengakibatkan kematian. untuk itu jangan anggap tersedak adalah sesuatu yang biasa. terlebih lagi apabila tersedak sendiri terjadi pada balita.

baca juga:
Cara yang benar menolong bayi tersedak
 ini penjelasan tersedak dapat mengakibatkan kematian 
 pertolongan pertama apabila kita tersedak


No comments:

Post a Comment