Trias UKS Sebagai Pedoman Pelaksanaan Program UKS

Dalam pelaksanaan UKS yang ada di lingkungan sekolah, maka UKS perlu mempunyai program program yang menunjang proses pelaksanaan kegiatan UKS di lingkungan sekolah. Dalam hal ini program yang digunakan dalam UKS adalah Trias UKS.
Trias UKS sendiri merupakan program yang bertujuan untuk menunjang setiap kegiatan yang ada di UKS yang berada dilingkungan sekolah.
Trias UKS sendiri terdiri dari 3 bagian:
1.       Pendidikan kesehatan
Pendidikan kesehatan sendiri menjadi yang pertama dalam trias UKS, hal ini dikarenakan fungsi UKS yang utama adalah sebagai media atau sarana pendidikan tentang kesehatan. Banyak dari kita yang kurang faham akan hal ini. Banyak pandangan yang berfikir UKS merupakan tempatnya siswa sakit, hal ini merupakan paradigm yang salah selama ini. UKS merupakan sarana belajar siswa tentang kesehatan. Jadi bisa diambil kesimpulan “UKS yang berhasil bukan UKS yang setiap hari penuh dengan anak sakit, melainkan UKS yang setiap hari penuh dengan siswa yang belajar tentang pendidikan kesehatan.
Dalam hal ini program yang digunakan untuk menunjang trias UKS dalam hal pendidikan kesehatan antara lain melakukan penyuluhan baik individu, kelompok,klasikal, maupun massal. Apabila ada sekolah yang sudah memiliki tenaga kesehatan biasanya juga melayani konsultasi tentang kesehatan, dll.
2.       Pelayanan kesehatan
Trias UKS yang kedua ini mungkin sudah kental disetiap sekolahan, yaitu pelayanan kesehatan. Dalam hal ini UKS memiliki fungsi sebagai pemberi pelayanan kesehatan. Program yang biasanya dilakukan untuk menunjang program pelayanan kesehatan sebagai contoh adalah melakukan perawatan siswa yang sakit, melakukan rujukan kesehatan bagi siswa yang memerlukan penanganan kesehatan lebih lanjut, melakukan skrening kesehatan, menganalisa status gizi siswa, pemberian nutrisi kepada siswa, dll.

Baca juga:
pengertian sekolah UKS
standar pelayanan UKS terhadap kantin sekolah
indikator penilaian sekolah sehat dan sekolah UKS
belajar mengenal obat yang boleh dan tidak ada di UKS
fungsi kantin sekolah sebagai penunjang proses pembelajaran

3.       Lingkungan sekolah sehat
Trias UKS yang ketiga ini adalah lingkungan sekolah yang berssih dan sehat. Dalam hal ini UKS berperan aktif dalam mengkondisikan lingkungan sekolah agar tetap bersih dan sehat. Dalam melaksanakan trias UKS yang ketiga ini UKS tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus bekerjasama lintas program dan lintas sektoral. Sebagai contoh kegiatan yang dilakukan dalam menjaga lingkungan sekolah sehat ini adalah:
a.       Menjaga kesehatan jajanan kantin
Dalam hal ini UKS berperan agar jajanan yang di konsumsi siswa tidak mengandung bahan berbahaya. Program kegiatannya antara lain melaksanakan pemeriksaan jajanan kantin secara rutin, bekerjasama dengan puskesmas dalam memberikan penuyuluhan kepada penjaga kantin dan siswa, melakukan pemeriksaan lab tentang jajanan kantin, dll.
b.      Menjaga kebersihan KM/ WC
Dalam hal ini UKS berperan dalam menjaga kebersihan KM. program yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan rutin tentang kebersihan KM.
c.       Menjaga kebersihan kelas
Dalam hal ini UKS bekerjasama dengan kurikulum dan bagian sarana dan prasarana dalam melakukan penilaian kebersihan kelas dalam hal ini biasanya dilakukan lomba kebersihan kelas secara rutin.
d.      Menjaga lingkungan sekolah bersih
Dalam menunjang program ini biasanya UKS bekerjasama dengan kurikulum dalam melakukan penjadwalan pelaksanaan kerja bakti bersama secara rutin.
e.      Membersihkan jentik nyamuk
Dalam hal ini UKS melakukan pemeriksaan rutin disetiap genangan air maupun sumber air untuk mengontrol perkembangan vector penyakit agar tidak menyebar dilingkungan sekolah.


Itulah gambaran penting tentang kegiatan trias UKS dilingkungan sekolah. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat. Jangan lupa share informasi ini agar dapat bermanfaat untuk sekolah lain di Indonesia.

No comments:

Post a Comment